Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Jelaskan Manfaat Olahraga Malam Sebelum Tidur

Kompas.com - 04/08/2023, 21:53 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Olahraga teratur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat membuat tidur kita lebih nyenyak dan berkualitas.

Namun, ada anggapan bahwa olahraga malam sebelum tidur justru dapat menyebabkan istirahat malam jadi tidak nyenyak.

Kabar baiknya, menurut penelitian, hal tersebut belum tentu benar. Pasalnya, studi telah menemukan bahwa kita dapat melakukan olahraga di malam hari tanpa mengganggu tidur.

Apa kata peneliti?

Melansir Healthline, dalam sebuah studi tahun 2020, 12 pria yang sehat diminta untuk melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit, latihan ketahanan intensitas sedang selama 30 menit, atau tidak berolahraga sama sekali. Setiap latihan selesai 90 menit sebelum waktu tidur.

Baca juga: Apa Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang?

Saat para peserta tidur di laboratorium, para peneliti mengukur suhu inti tubuh dan kualitas tidur mereka. Hasilnya, para peneliti mencatat bahwa olahraga malam dengan intensitas sedang tidak memengaruhi tidur para peserta.

Studi lain di tahun 2020 juga melaporkan hasil yang serupa. Sebanyak 16 pria dan wanita menyelesaikan latihan intensitas sedang pada waktu yang berbeda, yakni 4 atau 2 jam sebelum tidur. Dari pengujian itu, peneliti menemukan, berolahraga di malam hari tidak mengganggu kemampuan tidur peserta.

Kemudian, ulasan studi tahun 2019 menganalisis 23 penelitian tentang olahraga malam dengan tidur. Tinjauan tersebut menyebutkan bahwa olahraga malam dapat meningkatkan kualitas tidur selama olahraga dilakukan dengan intensitas sedang dan berakhir lebih dari 1 jam sebelum waktu tidur.

Berapa lama durasi olahraga yang bermanfaat untuk tidur?

Untuk meningkatkan kualitas tidur, usahakan setidaknya untuk aerobik intensitas sedang di siang atau malam hari selama 30 menit.

Baca juga: 4 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

Namun, olahraga teratur sangat penting untuk manfaat tidur yang berkelanjutan. Jadi, upayakan untuk olahraga selama 150 menit, dengan intensitas sedang, setiap minggu. Kita dapat melakukannya dengan latihan 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Jika sulit untuk melakukan 30 menit sekaligus, kita dapat membaginya menjadi dua sesi olahraga selama 15 menit sehari, 5 hari seminggu.

Pastikan untuk melakukan olahraga yang Anda sukai. Ketika benar-benar menyukai olahraga yang dilakukan, akan lebih mudah melakukannya secara teratur dan konsisten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com