Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Ungkap Manfaat Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Kompas.com - 22/07/2023, 14:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan menduga bahwa minum kopi sebelum tidur siang dapat meningkatkan tingkat energi karena tidur membantu tubuh membuang adenosin, zat kimia yang mendorong kita untuk tidur.

Dalam kondisi ini, kafein melawan lebih sedikit adenosin untuk reseptor di otak. Dengan kata lain, tidur dapat meningkatkan efek kopi dengan meningkatkan ketersediaan reseptor kafein di otak.

Oleh sebab itu, minum kopi sebelum tidur siang diyakini dapat meningkatkan tingkat energi lebih dari sekadar minum kopi atau tidur siang saja.

Penelitian tentang minum kopi sebelum tidur siang

Dilansir dari Healthline, penelitian untuk mendukung klaim bahwa minum kopi sebelum tidur siang dapat meningkatkan energi masih terbatas. Namun, beberapa penelitian yang ada cukup menjanjikan.

Baca juga: Apakah Orang yang Sakit Boleh Minum Kopi?

Sebuah studi pada 12 orang dewasa menunjukkan, peserta yang mengonsumsi 200 mg kafein diikuti dengan tidur siang selama 15 menit, yang kemudian ditempatkan di simulator mengemudi selama dua jam merasa rasa kantuknya berkurang 91% daripada peserta yang tidak mengonsumsi kafein dan tidur siang.

Studi tersebut juga menemukan bahwa peserta yang tidak sepenuhnya tertidur selama periode tidur siang masih mengalami peningkatan energi.

Sebuah studi serupa pada 10 orang melaporkan bahwa peserta yang mengonsumsi 150 mg kafein sebelum tidur selama kurang dari 15 menit merasa kurang mengantuk secara signifikan selama dua jam berada di simulator mengemudi.

Studi kecil lainnya menunjukkan, mengonsumsi 200 mg kafein diikuti dengan tidur siang selama 20 menit lebih efektif untuk meningkatkan energi dan kinerja dalam menyelesaikan tugas-tugas komputer daripada tidur siang plus mencuci muka atau terpapar cahaya terang.

Baca juga: Benarkah Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong?

Terakhir, penelitian tambahan mencatat bahwa mengonsumsi kafein dan tidur siang meningkatkan kewaspadaan dan energi lebih banyak selama bekerja di malam hari daripada hanya mengonsumsi kafein atau tidur.

Sementara hasil penelitian tersebut menyiratkan bahwa tidur siang dan kopi efektif untuk meningkatkan energi, mereka menggunakan kafein dalam bentuk pil.

Jadi, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menilai bagaimana minum kopi cair sebelum tidur siang dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan.

Waktu terbaik untuk minum kopi sebelum tidur siang

Sebagian besar ahli mengusulkan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi sebelum tidur siang adalah tepat sebelum tidur selama kurang lebih 15–20 menit. Waktu ini disarankan karena butuh waktu lama untuk merasakan efek kafein.

Baca juga: Apakah Efek Minum Kopi di Sore Hari?

Selain itu, kita mungkin mengalami jenis tidur nyenyak, yang disebut tidur gelombang lambat, jika tidur selama setengah jam atau lebih.

Bangun dari tidur gelombang lambat dapat menyebabkan inersia tidur, yakni keadaan mengantuk dan disorientasi. Diperkirakan membatasi tidur siang setelah minum kopi hingga kurang dari 30 menit dapat mencegah hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com