Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Cukup Tidur?

Kompas.com - 23/07/2023, 10:33 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Apa yang akan terjadi pada seseorang jika mereka tidak mendapatkan waktu tidur yang mereka butuhkan? - Hedya, usia 11 tahun, Australia

Oleh: Sarah Blunden

INI adalah pertanyaan yang sangat bagus Hedya, karena ini membuat kita berpikir tentang betapa pentingnya tidur. Sebenarnya, tidur adalah salah satu hal terpenting yang kita lakukan.

Baca juga: Mengapa Kurang Tidur Memicu Kegemukan?

Apa yang terjadi pada tubuh saat tidur?

Saat kita tidur, tubuh kita benar-benar melakukan banyak pekerjaan. Dalam beberapa jam pertama, kita tidur sangat nyenyak. Saat itulah tubuh kita beristirahat dan memperbaiki diri serta mengisi cadangan energi untuk hari berikutnya.

Pada waktu-waktu yang berbeda di malam hari, kita juga mengalami tidur yang lebih ringan. Ini termasuk sesuatu yang disebut tidur tidur REM (rapid eye movement) atau tidur bermimpi. Saat itulah mata seseorang berkedip dan bergerak, bahkan ketika terpejam.

Selama jenis tidur ini, kita bermimpi. Otak kita sangat, sangat aktif. Ia sibuk menyortir dan mengatur informasi, menyimpan ingatan, dan bahkan memecahkan masalah

Jadi, ada banyak hal yang sangat penting yang terjadi saat kita tidur.

Baca juga: Apa Efek Tidak Tidur Selama 24 Jam?

Lalu, apa yang terjadi jika kita tidak tidur?

Hal pertama yang paling jelas yang terjadi ketika kita tidak tidur adalah kita mengantuk. Ketika kita tidak cukup istirahat, kita juga akan lebih sulit untuk menjadi aktif, melakukan sesuatu, atau bersemangat menghadapi berbagai hal.

Tidak heran jika kurang tidur dapat membuat kita menjadi pemarah dan mudah tersinggung.

Jika kita tidak mendapatkan tidur REM yang cukup, kita akan lebih sulit berkonsentrasi dan belajar. Kita jadi lebih sulit mengingat tugas sekolah dari hari ke hari. Semua hal ini membuat kita lebih sulit untuk melakukannya dengan baik di sekolah.

Jadi, memiliki waktu tidur yang cukup sangatlah penting.

Bagaimana jika saya tidak bisa tidur nyenyak?

Jika kita tidak bisa tidur nyenyak dalam satu atau dua malam, kita mungkin bisa mengejar ketertinggalan. Tubuh dan otak kita akan pulih dan kita akan baik-baik saja.

Tapi jika kita tidak memiliki waktu tidur yang cukup atau kualitas tidur yang buruk untuk waktu yang lama, itu berbeda. Karena tidur mengontrol begitu banyak aspek kesehatan kita, hal ini benar-benar dapat mengacaukan tubuh dan otak kita.

Kita lebih mungkin untuk gagal dalam satu tahun di sekolah, menambah berat badan, menjadi depresi dan sakit dalam jangka waktu yang lama. Ini adalah beberapa contoh akibat dari kurang tidur.

Baca juga: 8 Dampak Kurang Tidur yang Bisa Terjadi pada Tubuh

Jadi, sebaiknya kita mengatur pola tidur yang baik sejak dini agar hal itu tidak terjadi pada kita.

Berapa lama waktu tidur yang cukup?

Tidak semua orang membutuhkan jumlah tidur yang sama persis. Tetapi orang-orang yang mempelajari tidur, seperti saya, berpikir bahwa seseorang dalam kelompok usia kamu, Hedya, biasanya membutuhkan antara sembilan hingga 11 jam per malam.

Kita juga membutuhkan kualitas tidur yang baik. Ini berarti harus nyenyak, tanpa terlalu banyak terbangun di malam hari. Ini juga berarti kita harus memastikan kita tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

Sarah Blunden
Professor and Head of Paediatric Sleep Research, CQUniversity Australia

Artikel ini tayang di Kompas.com berkat kerja sama dengan The Conversation Indonesia. Tulisan di atas diambil dari artikel asli berjudul "Apa yang terjadi jika kamu tidak cukup tidur?". Isi di luar tanggung jawab Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com