Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2023, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Mengonsumsi buah-buahan secara rutin merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan beragam nutrisi.

Salah satu buah yang memiliki profil nutrisi mengesankan adalah jeruk. Buah manis dan menyegarkan ini terbukti mengandung berbagai nutrisi penting, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Alasan buah jeruk menyehatkan

Dilansir dari Healthline, jeruk sangat baik untuk kesehatan karena buah ini adalah "harta karun" nutrisi, yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah jeruk secara teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara.

Baca juga: Apakah Manfaat Lemon dan Jeruk Nipis Sama?

Nutrisi buah jeruk

Berikut adalah rincian kandungan nutrisi dalam 1 buah jeruk seberat 140 gram.

  • Kalori: 66
  • Air: 86% berat
  • Protein: 1,3 gram
  • Karbohidrat: 14,8 gram
  • Gula : 12 gram
  • Serat: 2,8 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Vitamin C: 92% dari Nilai Harian atau Daily Value (DV)
  • Folat: 9% dari DV
  • Kalsium: 5% dari DV
  • Kalium: 5% dari DV

Seperti kebanyakan buah-buahan, jeruk mengandung karbohidrat dan air, mengandung sangat sedikit protein dan lemak, serta relatif rendah kalori.

Jeruk merupakan sumber serat yang baik. Satu buah jeruk (140 gram) mengemas sekitar 10% dari kebutuhan serat harian.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Lemon atau Jeruk Nipis?

Mendapatkan cukup serat setiap hari sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menjaga bakteri baik di usus.

Ditambah lagi, makanan kaya serat dikaitkan dengan sejumlah manfaat lain, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, kanker usus besar, dan obesitas.

Jeruk juga tinggi nutrisi tertentu, terutama vitamin C dan folat. Satu buah jeruk seberat 140 gram mengandung 92% dari kebutuhan vitamin C harian.

Nutrisi yang larut dalam air ini sangat penting untuk kesehatan. Tubuh menggunakannya untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sintesis kolagen, penyerapan zat besi, dan banyak lagi.

Baca juga: Apa Manfaat Jeruk Lemon untuk Diet?

Sementara itu, folat adalah vitamin B yang berperan dalam metabolisme, perkembangan janin dan plasenta, serta banyak proses penting lainnya.

Selain vitamin C dan folat, jeruk menyediakan sejumlah kecil nutrisi lain, termasuk kalsium, potasium, dan tiamin (vitamin B1).

Senyawa tanaman bermanfaat dalam jeruk

Selain nutrisi yang telah disebutkan, jeruk juga merupakan sumber yang sangat baik dari berbagai senyawa tanaman bioaktif yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Ini termasuk flavonoid, karotenoid, dan vitamin C.

Flavonoid

Jeruk dikemas dengan senyawa fenolik, terutama flavonoid, yang berkontribusi pada sebagian besar sifat antioksidannya. Berikut adalah senyawa flavonoid yang terdapat dalam jeruk.

Baca juga: 3 Khasiat Air Jeruk Lemon dan Madu yang Terbukti Secara Ilmiah

  • Hesperidin: Salah satu senyawa flavonoid, hesperidin, mungkin berkontribusi pada efek penurun tekanan darah, antiinflamasi, dan antioksidan dalam tubuh.
  • Naringenin: Naringenin adalah flavonoid lain dalam jeruk yang dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Minum jus jeruk yang kaya naringenin dapat membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan pertahanan antioksidan dalam tubuh.

Karotenoid

Semua buah jeruk mengandung antioksidan karotenoid tinggi, yang bertanggung jawab atas warna oranye, merah, dan kuning pada buah jeruk.

Sebuah studi menemukan bahwa minum jus jeruk segar membantu meningkatkan kadar karotenoid kulit, yang merupakan indikator yang baik untuk tingkat antioksidan total dalam tubuh.

Baca juga: Apa Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon?

  • Beta-cryptoxanthin: Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh, melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Selain itu, tubuh dapat mengubah beta-cryptoxanthin menjadi bentuk aktif vitamin A.
  • Likopen: Likopen adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada jeruk caracara. Likopen memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya membantu melindungi dari penyakit jantung.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang paling populer dan sudah banyak diteliti dengan baik. Jeruk merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C.

Konsentrasi vitamin C yang tinggi telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com