Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2023, 06:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hibiscus atau yang dikenal sebagai kembang sepatu umum dikonsumsi sebagai teh herbal. Teh kembang sepatu memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati panas atau dingin.

Ada banyak spesies kembang sepatu dan salah satu yang banyak digunakan untuk membuat teh adalah Hibiscus sabdariffa.

Penelitian telah mengungkap berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan teh kembang sepatu, seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan bakteri, dan bahkan membantu penurunan berat badan.

Manfaat kembang sepatu

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan.

Baca juga: Kenapa Matcha Dianggap Lebih Sehat Dibandingkan Teh Hijau?

1. Mengandung antioksidan

Kembang sepatu kaya akan antioksidan kuat sehingga dapat membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

Satu studi pada orang dengan sindrom Marfan, kelainan yang mempengaruhi jaringan ikat, menemukan bahwa infus ekstrak kembang sepatu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

Selain itu, penelitian pada tikus memiliki temuan serupa, yang menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu membantu melindungi dari kerusakan sel.

Namun, penelitian ini menggunakan ekstrak kembang sepatu dosis pekat, bukan teh kembang sepatu. Dengan demikian, studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek antioksidan dalam teh kembang sepatu bagi manusia.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Teh Hijau Setelah Olahraga?

2. Dapat membantu meningkatkan kolesterol baik

Dalam sebuah studi kecil tahun 2009, 60 orang penderita diabetes diminta mengonsumsi teh kembang sepatu atau teh hitam.

Setelah 1 bulan, peserta studi yang minum teh kembang sepatu mengalami peningkatan kadar kolesterol baik dan penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, serta trigliserida.

Studi lain pada orang dengan sindrom metabolik menemukan bahwa mengonsumsi 100 mg ekstrak kembang sepatu setiap hari dikaitkan dengan penurunan kolesterol total dan peningkatan kolesterol baik.

Namun, ada penelitian lain yang menghasilkan simpulan yang bertentangan mengenai efek teh kembang sepatu pada kolesterol darah.

Tinjauan terhadap 7 penelitian dengan total 362 peserta menyimpulkan bahwa teh kembang sepatu tidak secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total atau trigliserida.

Baca juga: Benarkah Minum Teh Chamomile Bikin Cepat Tidur?

Sebagian besar penelitian yang menunjukkan manfaat teh kembang sepatu pada kadar lemak darah terbatas pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti sindrom metabolik dan diabetes.

3. Dapat meningkatkan kesehatan hati

Hati memiliki beberapa fungsi, seperti memproduksi protein, mengeluarkan empedu, dan memecah lemak, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com