Kompas.com - 10/08/2023, 06:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hibiscus atau yang dikenal sebagai kembang sepatu umum dikonsumsi sebagai teh herbal. Teh kembang sepatu memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati panas atau dingin.

Ada banyak spesies kembang sepatu dan salah satu yang banyak digunakan untuk membuat teh adalah Hibiscus sabdariffa.

Penelitian telah mengungkap berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan teh kembang sepatu, seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan bakteri, dan bahkan membantu penurunan berat badan.

Manfaat kembang sepatu

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan.

Baca juga: Kenapa Matcha Dianggap Lebih Sehat Dibandingkan Teh Hijau?

1. Mengandung antioksidan

Kembang sepatu kaya akan antioksidan kuat sehingga dapat membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

Satu studi pada orang dengan sindrom Marfan, kelainan yang mempengaruhi jaringan ikat, menemukan bahwa infus ekstrak kembang sepatu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

Selain itu, penelitian pada tikus memiliki temuan serupa, yang menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu membantu melindungi dari kerusakan sel.

Namun, penelitian ini menggunakan ekstrak kembang sepatu dosis pekat, bukan teh kembang sepatu. Dengan demikian, studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek antioksidan dalam teh kembang sepatu bagi manusia.