Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, kantong mata dan mata panda dapat mengganggu penampilan sehingga perlu diatasi dengan tepat.

Selain menggunakan produk perawatan kulit berupa eye cream, kita juga bisa memanfaatkan bahan alami, seperti kantong teh.

Selengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai manfaat kantong teh untuk mata. 

Manfaat kantong teh untuk mata

Menggunakan kantong teh di mata merupakan bahan rumahan yang populer. Dilansir dari Healthline, kantong teh dapat membantu memperbaiki penampilan mata dengan mengurangi lingkaran hitam, bengkak, dan kemerahan.

Baca juga: Benarkah Wortel Bermanfaat untuk Penglihatan dan Kesehatan Mata?

Kantong teh adalah pilihan yang terjangkau dan alami yang dapat dicoba dengan mudah di rumah.

Menempatkannya di mata dapat memberikan sensasi beristirahat dan melepas lelah. Lakukan perawatan beberapa kali sehari sampai gejala mereda.

Cara menggunakan kantong teh untuk mata

Untuk menggunakan kantong teh untuk mata, seduh dua kantong teh seperti biasanya, seperti akan minum teh. Kemudian, peras cairan dari kantong. 

Biarkan kantong teh dingin atau dinginkan di lemari es selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu, tempatkan kantong teh ke mata tertutup selama 15 hingga 30 menit.

Kita dapat menggunakan ujung jari untuk memberikan tekanan lembut pada mata atau memijat lembut area di sekitar mata.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mata Merah Setelah Bangun Tidur?

Cara lain mengatasi kantong mata 

Dikutip dari Verywell Health, menjaga tubuh tetap terhidrasi juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan masalah di area bawah mata. 

Dehidrasi bisa membuat area di sekitar mata bengkak dan kendur. Oleh sebab itu, pastikan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air.

Namun, cobalah untuk tidak minum terlalu banyak cairan sebelum tidur dan tidak terlalu banyak mengonsumsi garam dalam makanan. Pasalnya, ini dapat menyebabkan retensi cairan di malam hari dan mata akan tampak bengkak di pagi hari.

Jika kulit di sekitar mata terus-menerus kendur atau bengkak hingga menimbulkan kekhawatiran besar, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com