Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Alis merupakan bagian penting pada wajah manusia. Bagi beberapa orang, bentuk dan ketebalan alis juga berpengaruh terhadap penampilannya.

Lebih dari itu, penyebab manusia memiliki alis adalah karena alis memiliki fungsi tersendiri bagi tubuh kita. 

Mungkin banyak dari kita yang tidak menyadarinya, namun alis berperan penting dalam menjaga kelembapan mata dan komunikasi.

Fungsi alis mata

Dilansir dari Healthline, para ahli mengatakan bahwa alis memiliki dua fungsi utama, yakni menjaga kelembapan mata dan membantu kita berkomunikasi.

Baca juga: Apa Fungsi Lutut?

Secara fisik, alis membantu menjaga mata kita tetap bersih dan jernih. Mereka menghilangkan basah dari keringat dan hujan dari mata kita sehingga kita dapat mempertahankan penglihatan kita. 

Pernah memperhatikan bagaimana bulu alis tumbuh ke luar, ke arah sisi wajah? Itu membantu mengarahkan kelembapan dari mata ke sisi kepala. 

Alis juga dapat mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata dan juga menjauhkan kotoran darinya.

Kemudian, alis membantu kita mengekspresikan emosi dan mengenali satu sama lain.

Alis adalah bagian penting dari ekspresi dan komunikasi manusia. Adanya alis memungkinkan kita untuk menunjukkan emosi. 

Baca juga: 6 Fungsi Utama Ginjal yang Tak Bisa Digantikan Organ Lain

Di luar penampilan dan emosi, alis juga lebih penting untuk pengenalan wajah. Dalam satu studi tahun 2003, para ilmuwan meminta sekelompok orang untuk mengidentifikasi wajah lima puluh orang terkenal, seperti mantan presiden Amerika Serikat, Richard Nixon, dan aktris Winona Ryder.

Para ilmuwan memanipulasi foto-foto itu sehingga mereka tidak memiliki mata atau alis. Subyek masih bisa mengidentifikasi 60 persen wajah-wajah tersebut saat mereka kekurangan mata.

Tetapi, ketika wajah tidak memiliki alis, subjek hanya dapat mengidentifikasinya sebanyak 46 persen. 

Para ilmuwan mengatakan, ini menunjukkan bahwa alis sama pentingnya atau mungkin lebih penting daripada mata dalam memungkinkan kita mengenali wajah.

Apakah alis bisa berubah warna seperti rambut kepala?

Rambut kepala tidak berubah warna sekaligus, tetapi banyak orang yang memiliki rambut beruban saat alisnya masih gelap.

Baca juga: Apa Fungsi Duri pada Lidah Kucing?

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, semua jenis rambut di tubuh kita dapat berubah warna saat folikel rambut yang menua berhenti memproduksi pigmen melanin, yang membuat rambut menjadi gelap. 

Rambut alis juga bisa berubah tekstur, tumbuh lebih lebat, dan lebih panjang seiring bertambahnya usia. Struktur bulu alis yang berbeda dengan rambut kepala dapat menjelaskan tingkat uban yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com