Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Teh Kembang Sepatu untuk Kesehatan

KOMPAS.com - Hibiscus atau yang dikenal sebagai kembang sepatu umum dikonsumsi sebagai teh herbal. Teh kembang sepatu memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati panas atau dingin.

Ada banyak spesies kembang sepatu dan salah satu yang banyak digunakan untuk membuat teh adalah Hibiscus sabdariffa.

Penelitian telah mengungkap berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan teh kembang sepatu, seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan bakteri, dan bahkan membantu penurunan berat badan.

Manfaat kembang sepatu

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan.

1. Mengandung antioksidan

Kembang sepatu kaya akan antioksidan kuat sehingga dapat membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

Satu studi pada orang dengan sindrom Marfan, kelainan yang mempengaruhi jaringan ikat, menemukan bahwa infus ekstrak kembang sepatu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

Selain itu, penelitian pada tikus memiliki temuan serupa, yang menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu membantu melindungi dari kerusakan sel.

Namun, penelitian ini menggunakan ekstrak kembang sepatu dosis pekat, bukan teh kembang sepatu. Dengan demikian, studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek antioksidan dalam teh kembang sepatu bagi manusia.

2. Dapat membantu meningkatkan kolesterol baik

Dalam sebuah studi kecil tahun 2009, 60 orang penderita diabetes diminta mengonsumsi teh kembang sepatu atau teh hitam.

Setelah 1 bulan, peserta studi yang minum teh kembang sepatu mengalami peningkatan kadar kolesterol baik dan penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, serta trigliserida.

Studi lain pada orang dengan sindrom metabolik menemukan bahwa mengonsumsi 100 mg ekstrak kembang sepatu setiap hari dikaitkan dengan penurunan kolesterol total dan peningkatan kolesterol baik.

Namun, ada penelitian lain yang menghasilkan simpulan yang bertentangan mengenai efek teh kembang sepatu pada kolesterol darah.

Tinjauan terhadap 7 penelitian dengan total 362 peserta menyimpulkan bahwa teh kembang sepatu tidak secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total atau trigliserida.

Sebagian besar penelitian yang menunjukkan manfaat teh kembang sepatu pada kadar lemak darah terbatas pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti sindrom metabolik dan diabetes.

3. Dapat meningkatkan kesehatan hati

Hati memiliki beberapa fungsi, seperti memproduksi protein, mengeluarkan empedu, dan memecah lemak, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat meningkatkan kesehatan hati dan membantu menjaga agar hati bekerja secara efisien.

Sebuah studi kecil tahun 2014 pada 19 orang dengan kelebihan berat badan menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu memperbaiki steatosis hati; kondisi yang ditandai dengan penimbunan lemak di hati, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Pada tahun 2022, penelitian pada hewan melaporkan bahwa ekstrak kembang sepatu membantu memperbaiki penyakit hati berlemak.

Namun, semua penelitian ini menilai efek ekstrak kembang sepatu, bukan teh kembang sepatu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana teh kembang sepatu mempengaruhi kesehatan hati pada manusia.

4. Mendukung penurunan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh kembang sepatu dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan dan dapat membantu melindungi dari obesitas.

Dalam satu studi kecil tahun 2014, 36 peserta dengan kelebihan berat badan mengonsumsi ekstrak kembang sepatu atau plasebo.

Setelah 12 minggu, peserta yang mengonsumsi ekstrak kembang sepatu mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh, dan rasio pinggang-pinggul.

Sebuah penelitian pada hewan memiliki temuan serupa, yang menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu dapat membantu mengurangi berat badan dan nafsu makan dengan mencegah penumpukan sel lemak.

Penelitian saat ini terbatas pada studi yang menggunakan ekstrak hibiscus dosis pekat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efek teh kembang sepatu bagi penurunan berat badan pada manusia

5. Bisa membantu mengurangi pertumbuhan bakteri

Beberapa penelitian tabung reaksi menemukan bahwa, selain memiliki sifat antioksidan dan antikanker, kembang sepatu dapat membantu melindungi dari infeksi bakteri.

Faktanya, satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak kembang sepatu menghambat aktivitas E. coli, strain bakteri yang dapat menyebabkan gejala seperti kram, gas, dan diare.

Namun, tidak ada penelitian pada manusia yang melihat efek antibakteri dari teh kembang sepatu, jadi masih belum jelas bagaimana hasil ini dapat diterapkan pada manusia.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/08/10/060000323/5-manfaat-teh-kembang-sepatu-untuk-kesehatan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke