Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Manggis (Garcinia mangostana) adalah buah tropis dengan kulit luar yang keras dan daging yang manis, lembut, dan berair.

Manfaat manggis untuk kesehatan yang populer adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Namun, tidak hanya itu, manggis juga menyimpan banyak manfaat lainnya.

Kandungan buah manggis

Melansir Medical News Today, buah manggis yang sudah dikeringkan mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 143 kkal
  • 35,1g karbohidrat
  • 3,53g serat makanan
  • 23,5 mg kalsium
  • 94,1 mg potasium
  • 5,68 mg vitamin C

Baca juga: 4 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Sebagian besar buah, termasuk manggis, mengandung lemak, sodium, dan kalori yang rendah sehingga dapat membantu mempertahankan berat badan normal.

Selain itu, manggis juga bebas kolesterol, yang dapat menyebabkan kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Manfaat manggis untuk kesehatan

Merangkum Healthline, berikut adalah beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan:

1. Tinggi antioksidan

Salah satu keunggulan buah manggis adalah profil antioksidannya yang unik. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan efek merusak dari molekul berbahaya, yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Baca juga: 4 Manfaat Durian untuk Kesehatan

Manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Plus, manggis menyediakan xanthone, yakni jenis senyawa tumbuhan unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat.

Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthone menghasilkan efek antiinflamasi, antikanker, antipenuaan, dan antidiabetes.

Dengan demikian, xanthones dalam manggis mungkin bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan potensial buah ini. Namun, lebih banyak penelitian terhadap manusia diperlukan sebelum simpulan pasti dapat ditarik.

2. Berpotensi memiliki sifat antiinflamasi

Xanthone yang ditemukan dalam manggis dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Penelitian tabung reaksi dan penelitian terhadap hewan menunjukkan, xanthones memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Manfaat Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Manggis juga kaya akan serat yang menawarkan berbagai manfaat. Misalnya, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan, makanan tinggi serat dapat membantu mengurangi respons inflamasi tubuh.

3. Mendukung penurunan berat badan

Manfaat manggis berikutnya adalah mampu mendukung penurunan berat badan. Satu studi menemukan, tikus dengan makanan tinggi lemak yang mendapat dosis tambahan manggis mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

Demikian pula, dalam studi kecil selama 8 minggu, orang yang melengkapi diet mereka dengan 90, 180, atau 270 ml jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah.

Penelitian tentang manggis dan obesitas memang masih terbatas, tetapi para ahli berteori bahwa efek anti-inflamasi buah ini yang berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Baca juga: 3 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com