Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Dosis Amoxicillin untuk Dewasa dan Anak-anak?

Kompas.com - 14/11/2022, 12:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Amoxicillin adalah obat antibiotik golongan penisilin yang digunakan untuk melawan beragam tipe infeksi akibat bakteri, termasuk Streptococcus spp. strain b-lactmase-negative, S. pneumoniae Staphylococcus spp. yang tidak memproduksi penicillinase, H. influenzae, Helicobacter pylori dan E. coli.

Dokter biasanya akan meresepkan obat ini bila Anda terkena penyakit akibat bakteri, seperti faringitis, tonsilitis, infeksi saluran kemih atau ISK, pneumonia, rhinosinusitis akut akibat bakteri dan infeksi kulit akibat bakteri.

Baik orang dewasa, anak-anak atau remaja bisa menggunakan amoxicillin bila diresepkan oleh dokter. Namun, perlu diingat bahwa obat ini harus diminum sesuai anjuran dokter, termasuk dosis dan jangka waktu antar dosisnya.

Bila Anda lupa meminum amoxicillin sesuai waktu yang dianjurkan, maka segera minum ketika Anda ingat kecuali jika sudah mendekati dosis berikutnya. Jangan meminum amoxicillin lebih dari satu dosis sekaligus.

Baca juga: Amoxicillin Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Sampingnya

Terkait jumlah dosisnya, dokter akan menentukannya berdasarkan berat badan, usia dan penyakit pasien. Berikut adalah perkiraan umumnya:

Ilustrasi (antibiotik). Wabah superbug tengah banyak disorot oleh dunia karena telah terdeteksi di berbagai negara seperti India hingga AS.Unsplash/Towfiqu Barbhuiya Ilustrasi (antibiotik). Wabah superbug tengah banyak disorot oleh dunia karena telah terdeteksi di berbagai negara seperti India hingga AS.

1. Infeksi bakteri

  • Anak-anak, remaja dan dewasa yang berat badannya 40 kilogram atau lebih: 250-500 miligram (mg) per 8 jam atau 500-875 mg per 12 jam.
  • Anak-anak yang berusia lebih dari tiga bulan dan berat badannya kurang dari 40 kilogram: 20-40 mg per kilogram berat badan per hari (kg/hari) dan dibagi setiap delapan jam, atau 25-40 mg/kg/hari dibagi 12 jam.
  • Anak berusia tiga tahun atau kurang: 30 mg/kg/hari dibagi setiap 12 jam.

2. Infeksi gonore

  • Anak-anak, remaja dan dewasa yang berat badannya 40 kilogram atau lebih: 3 gram diminum dalam satu dosis
  • Anak-anak yang berusia lebih dari tiga bulan dan berat badannya kurang dari 40 kilogram: 50 mg/ kg/hari dikombinasikan dengan 25 mg probenecid/kg/hari diminum dalam satu dosis.
  • Untuk anak berusia tiga tahun atau kurang: tidak direkomendasikan.

Baca juga: Antibiotik Jadi Salah Satu Ancaman Kesehatan Paling Berbahaya di Dunia, Kok Bisa?

3. Untuk infeksi H. pylori

Ada dua pilihan terapi untuk orang dewasa, yakni dual therapy dan triple therapy.

  • Dual therapy adalah 1 gram amoxicillin setiap delapan jam selama 14 hari dikombinasikan dengan lansoprazole.
  • Sementara itu, triple therapy adalah 1 gram amoxicillin setiap 12 jam selama 14 hari, dikombinasikan dengan 500 mg clarithromycin dan 30 mg lansoprazole.

Untuk anak-anak, penggunaan dan dosis harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com