Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigitan T. Rex Bisa Menghancurkan Mobil, Tekanannya Capai 6 Ton

Kompas.com - 21/08/2022, 19:25 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tyrannosaurus rex merupakan dinosaurus yang memiliki kekuatan gigitan yang luar biasa.

Dengan gigi dan rahangnya, T. rex bisa memberikan tekanan hingga enam ton pada mangsanya.

Gigitan T. rex tidak hanya bisa menghancurkan tulang, tetapi juga menghancurkan sebuah mobil. 

Menurut Casey Holliday, ahli paleontologi di Missouri University, T. rex adalah salah satu dari hewan yang bertubuh sangat optimal.

T. rex memiliki otot rahang raksasa dan sangat efisien dalam mengambil kekuatan otot untuk menggigit mangsanya karena ia memiliki tengkorak yang kaku.

Baca juga: Jadi Salah Satu Predator Terganas di Bumi, Apa Mangsa Favorit T. Rex?

Tyrannosaurus atau T-rexShutterstock Tyrannosaurus atau T-rex

Kekuatan gigi yang unik

Dilansir dari National Geographic, penelitian para ahli tidak hanya menunjukkan bahwa tengkorak T. rex dapat menahan kekuatan gigitan yang sangat tinggi, tetapi juga bagaimana ia melakukannya.

Laura Porro, ahli biomekanik fosil di University College London, mengatakan bahwa penelitian tersebut membantu para peneliti menentukan fleksibilitas tengkorak milik hewan fosil lainnya 

Eric Snively, ahli paleobiologi di Oklahoma State University, yang juga mempelajari mekanisme makan T. rex, mengatakan bahwa penelitian tersebut membantu menjawab bagaimana T. rex dapat menggigit dengan kekuatan tertinggi dari semua hewan darat.

T. rex unik karena gigi mereka paling kuat di bagian depan mulut, tidak seperti predator seperti buaya yang memiliki gigi penghancur di bagian belakang.

Baca juga: Evolusi T-rex, Miliki Mata Super Kecil agar Punya Gigitan Kuat

Snively mengatakan, moncong T. rex menyatu dengan tulang yang saling mengunci di batang hidung, tetapi peneliti masih belum mengerti bagaimana sisa tempurung kepalanya berfungsi.

“Kami sekarang mendapatkan gambaran lengkap tentang anatomi tengkorak mereka, untuk mengetahui bagaimana T. rex menggigit dengan kekuatan yang cukup untuk mengangkat beberapa truk pick-up besar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com