Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus Predator Baru Ditemukan, Punya Lengan Kecil Seperti T-rex

Kompas.com - 09/07/2022, 11:00 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Ahli paleontologi di Argentina telah menemukan spesies baru dinosaurus yang memiliki lengan pendek tak proporsional seperti yang dimiliki Tyrannosaurus rex.

Spesies baru dinosaurus yang kemudian diberi nama Meraxes gigas ini ditemukan di tempat yang sekarang disebut wilayah Patagonia utara, Argentina.

"Pada saat M.gigas hidup, wilayah tersebut panas dan lembap dengan banyak saluran air serta vegetasi, termasuk pohon-pohon besar," ungkap Juan Canale, pempimpin proyek di Museum Paleontologi Ernesto Bachmann di Neuquén, Argentina.

Dilansir dari CNN, Jumat (8/7/2022); Meraxes gigas adalah predator top pada masanya. Dinosaurus itu mampu tumbuh mencapai 11 meter dan berat lebih dari empat ton.

M.gigas sendiri diketahui merupakan karnivora yang berasal dari kelompok dinosaurus Carcharodontosauridae yang hidup pada periode Kapur atau sekitar 145 hingga 66 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Mampu Bertahan di Musim Dingin Bantu Dinosaurus Mendominasi Bumi

Selama 30 tahun terakhir, sejumlah besar fosil Carcharodontosauridae memang telah ditemukan, tetapi sedikit yang diketahui mengenai tengkorak, lengan, atau kaki mereka.

Misteri itu akhirnya mulai terkuak berkat temuan M. gigas yang fosilnya sangat lengkap dan mampu mengungkap hal yang tak terduga.

"Untuk pertama kali pertama, kami tahu dengan banyak detail tentang bagian-bagian tertentu dari anatomi dinosaurus karnivora raksasa ini," kata Canale.

Para peneliti menemukan kaki depan yang hampir lengkap, yang memungkinkan mereka untuk menyimpulkan bahwa M. gigas memiliki lengan kecil untuk dinosaurus sebesar itu. Fitur tersebut mirip dengan yang dimiliki oleh T-rex.

Mereka juga menemukan tengkorak dan kaki yang hampir lengkap, sehingga memungkinkan peneliti untuk menjelaskan bagaimana kelompok dinosaurus ini berevolusi.

"Ada kecenderungan M.gigas memiliki ukuran tubuh dan tengkorak yang lebih besar tetapi punya lengan yang lebih kecil secara proporsional dengan tubuh," jelas Canale.

Baca juga: Dilophosaurus, Dinosaurus yang Salah Identifikasi Hingga Puluhan Tahun

Lebih lanjut, di lokasi tempat penemuan M. gigas, peneliti pun menemukan sisa-sisa Argentinosaurus huinculensis yang merupakan herbivora berleher panjang yang berasal dari periode yang sama dengan M. gigas.

Argentinosaurus huinculensis ini diketahui merupakan salah satu hewan darat paling besar sepanjang masa. Namun, berdasarkan gigi tanggal yang ditemukan di lokasi penggalian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa A. huinculensis pun menjadi mangsa bagi M.gigas.

"Bukan kebetulan bahwa dinosaurus herbivora raksasa dan karnivora raksasa hidup di lingkungan yang sama. Mereka sama-sama berjuang, herbivora mengembangkan tubuh yang lebih besar untuk pertahanan, begitu juga karnivora yang punya badan raksasa agar dapat memangsa mereka," papar Canale.

Tak ada hubungan langsung dengan T-rex

Tim peneliti mengatakan pula, meski punya bentuk tangan mirip dengan T-rex, namun M. gigas tak memiliki hubungan langsung dengan T-rex.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com