Cumi-cumi Mendengar dengan Cara Primitif, Ini Penjelasannya Menurut Sains

Kompas.com - 21/08/2022, 16:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Cumi-cumi memang tidak memiliki daun telinga seperti makhluk mamalia.

Namun, para ilmuwan mengonfirmasi bahwa cumi-cumi bisa mendengar.

Bedanya, cumi-cumi tidak mendeteksi perubahan tekanan yang terkait dengan gelombang suara, seperti cara manusia mendengar.

Cumi-cumi memiliki teknik lain yang lebih primitif untuk mendengar, yakni merasakan gerakan yang dihasilkan oleh gelombang suara.

Cumi-cumi mendeteksi gelombang suara

T. Aran Mooney, ahli biologi kelautan di Woods Hole Oceanographic Institution, Massachusetts, mengatakan bahwa cumi-cumi bergerak maju mundur untuk mendeteksi gelombang suara.

Baca juga: Mengenal Cumi-cumi Raksasa, Penghuni Laut Dalam yang Misterius

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Experimental Biology, Mooney dan rekan-rekannya mengonfirmasi bahwa cumi- cumi sirip panjang (Loligo pealeii) dapat mendeteksi suara pada frekuensi rendah.

"Idenya adalah mungkin jika cumi-cumi memiliki indera pendengaran primitif, dapatkah kita menggunakan mereka sebagai model untuk memahami dasar pendengaran atau bagaimana pendengaran hilang?" kata Mooney, dikutip dari Live Science.

Ilmuwan uji pendengaran cumi-cumi

Cumi-cumi memiliki dua organ mirip kantung, yang disebut statocysts, di dekat pangkal otak.

Sel-sel rambut melapisi kantung tersebut dan menonjol ke dalamnya, sementara butiran kecil kalsium karbonat, yang disebut statolit, berada di dalam kantung.

Ketika cumi-cumi bergerak, sel-sel rambut bergesekan dengan statolit, menekuk sel-sel rambut di dalam kantung.