Kompas.com - 20/08/2022, 12:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pada Selasa, 16 Agustus 2022, seekor cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) ditemukan terdampar di Pantai Scarborough, Western Cape, Afrika Selatan.

Ukuran cumi-cumi raksasa ini lebih dari empat meter. Para ahli dari Museum Iziko mengumpulkan sejumlah sampel dari cumi-cumi tersebut untuk dipelajari lebih lanjut.

Sejauh ini, para ilmuwan lebih banyak mengumpulkan informasi tentang cumi-cumi raksasa dari hewan yang terdampar di pantai atau tertangkap jaring ikan.

Ukuran cumi-cumi raksasa

Cumi-cumi raksasa adalah invertebrata terbesar di dunia dan termasuk kelompok moluska kuno yang disebut cephalopoda, bersama gurita, sotong, dan nautilus.

Dilansir dari Live Science, cumi-cumi raksasa adalah predator laut dalam yang memiliki mata seukuran bola basket dengan tentakel yang bisa meregang hingga 10 meter.

Baca juga: Bangkai Cumi-cumi Raksasa Punya Mata Sebesar Piring Terdampar di Afrika Selatan

Cumi-cumi raksasa terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang hampir 13 meter. Namun, para ilmuwan memperkirakan bahwa spesies tersebut masih bisa tumbuh hingga 20 meter.

Pada kebanyakan spesies, cumi-cumi betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada jantan sehingga para ilmuwan pun meyakini hal yang sama berlaku bagi cumi-cumi raksasa.

Jumlah tentakel cumi-cumi raksasa

Cumi-cumi raksasa berukuran 7 meter di dalam es.Wikimedia Commons Cumi-cumi raksasa berukuran 7 meter di dalam es.

Dikutip dari BBC Science Focus Magazine, cumi-cumi raksasa tidak berbeda dengan kerabat mereka yang berukuran lebih kecil.

Cumi-cumi raksasa memiliki delapan tentakel dan dua tentakel yang berukuran lebih panjang. Pengisap pada tentakel dan lengan cumi-cumi raksasa berdiameter antara dua hingga lima sentimeter.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.