Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Berhasil Merekam Induk Cumi-cumi yang Berenang Membawa Telurnya, Seperti Apa?

Kompas.com - 11/07/2022, 17:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekelompok peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), berhasil mendokumentasikan induk cumi-cumi yang berenang di lepas pantai California dengan membawa telur-telurnya.

Fenomena unik di laut dalam itu menunjukkan cumi-cumi dari genus Bathyteuthis, membawa ratusan telur yang mungil berbentuk seperti renda saat dia berenang di dalam air yang dingin.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (9/7/2022) umumnya salah satu strategi yang digunakan oleh cumi-cumi, adalah melindungi telur mereka dalam bola raksasa berisi lendir yang licin. 

Menurut peneliti MBARI, kebanyakan cumi-cumi menyimpan cangkang telurnya di dasar laut atau melepaskannya untuk hanyut di air.

Baca juga: Bangkai Cumi-cumi Raksasa Ditemukan di Afrika Selatan, Ini Kata Ahli

Beberapa spesies lainnya menyimpan telurnya langsung di dasar laut. Namun, cumi-cumi Bathyteuthis tampaknya memiliki cara yang berbeda untuk melindungi calon anak-anaknya.

Dijelaskan oleh para peneliti, untuk merekam peristiwa tersebut mereka menggunakan alat yang dioperasikan dari jarak jauh. Sehingga, memungkinkannya untuk melihat dunia baru dalam kegelapan di laut dalam.

Rekaman cumi-cumi pada kedalaman 1.390 meter itu, diperoleh dari penyelaman baru-baru ini menggunakan ROV Doc Ricketts.

Alat itu dilengkapi dengan kamera 4K, agar menampilkan resolusi tinggi dari makhluk apa pun yang mungkin ditemuinya di lautan.

Para peneliti baru dua kali menyaksikan induk cumi-cumi Bathyteuthis ini melakukan hal serupa.

Pertama kalinya adalah di tahun 2005 ketika mereka menyaksikan cumi-cumi Bathyteuthis lainnya di kedalaman Teluk Monterey, membawa selembar kain yang disematkan dengan sekitar 360 telur.

"Ini kedua kalinya kami melihat cumi-cumi yang sedang merenung sejak penampakan pertama lebih dari 17 tahun yang lalu," kata MBARI dilansir dari CNET, Rabu (6/7/2022). 

Baca juga: Bagaimana Cumi-cumi Dapat Bergerak dengan Cepat di Dalam Air?

Hasil rekaman dari cumi-cumi berwarna kemerahan itu pun dibagikan MBARI di channel YouTube pribadi mereka. Anda dapat menyaksikannya dalam video berikut. 

Sejauh ini, hanya tiga spesies cumi-cumi yang diketahui mengerami anak-anak mereka, meskipun tidak sepenuhnya jelas apa alasannya.

Tim menduga bahwa menjaga telur-telurnya agar aman dari pemangsa, kemungkinan menjadi penyebab dari perilaku tersebut.

Para peneliti percaya induk cumi-cumi seperti ini akan terus membawa telur sampai menetas, guna meningkatkan peluang bagi telur untuk menetas dengan sempurna, dan bisa menjalani kehidupan mereka.

Cumi-cumi dan gurita hanya bereproduksi sekali dalam hidup mereka sebelum mati. Dengan demikian, melindungi telurnya sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi baru yang kuat dan sehat kemungkinan merupakan salah satu tindakan terakhir sang induk.

Baca juga: Cumi-cumi yang Berenang di Laut Terdalam di Dunia Ditemukan di Filipina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com