Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Salah Satu Predator Terganas di Bumi, Apa Mangsa Favorit T. Rex?

Kompas.com - 20/08/2022, 14:01 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tyrannosaurus rex adalah salah satu predator paling ganas yang pernah hidup di Bumi.

Dengan tubuh yang besar, gigi yang tajam, dan rahang yang begitu kuat hingga bisa menghancurkan mobil, karnivora terkenal ini mendominasi lembah sungai berhutan di Amerika Utara bagian barat selama periode Cretaceous akhir, sekitar 68 juta tahun yang lalu.

Memiliki kekuatan yang sangat besar, tentu T. rex dapat memakan apa saja yang ia inginkan, termasuk dinosaurus dari jenisnya sendiri.

Makanan T. rex

Ahli paleontologi telah menemukan beberapa kejutan dalam kebiasaan makan T. rex.

Dilansir dari National Geographic, temuan terbaru adalah goresan berusia 66 juta tahun pada tulang tungkai Tyrannosaurus yang ditemukan di Wyoming, Amerika Serikat (AS). 

Baca juga: Evolusi T-rex, Miliki Mata Super Kecil agar Punya Gigitan Kuat

Goresan ini jelas dibuat oleh pemangsa besar dengan gigi bergerigi.

Pemimpin studi, Matthew McLain, mengatakan bahwa T. rex adalah satu-satunya karnivora yang ada pada masa itu yang mampu menciptakan gigitan seperti itu.

T. rex sebelumnya dikelompokkan sebagai hewan kanibal. Pada tahun 2010, Nicholas Longrich dan rekannya mendokumentasikan empat tulang T. rex lainnya yang mengandung divot dan gouge yang hanya bisa dibuat oleh anggota spesies yang sama. 

Namun, bukan berarti T. rex hanya mengunyah sisa-sisa dari jenisnya sendiri. 

Berkat jejak fosil tulang yang patah dan fosil feses, ahli paleontologi memiliki gagasan yang cukup baik tentang apa saja santapan T. rex.

Baca juga: Peneliti Bantah Gagasan soal Ada 3 Spesies T-rex, Kenapa?

 

Ilustrasi dinosaurus T-rex. Untuk pertama kalinya, peneliti menghitung populasi Tyrannosaurus rex (T.rex). Sebelum kepunahan massal, studi ungkap ada 2,5 miliar T-rex di Bumi ini.SHUTTERSTOCK/Herschel Hoffmeyer Ilustrasi dinosaurus T-rex. Untuk pertama kalinya, peneliti menghitung populasi Tyrannosaurus rex (T.rex). Sebelum kepunahan massal, studi ungkap ada 2,5 miliar T-rex di Bumi ini.

Dalam sebuah studi tahun 2012 tentang kekuatan gigitan predator prasejarah, para peneliti memperkirakan bahwa T. rex dewasa dapat menggigit dengan kekuatan hingga sekitar 57.000 newton atau 5.805 kg. 

Meskipun bukan merupakan gigitan terkuat sepanjang masa, tampaknya kekuatan gigitan T. rex cukup untuk melumpuhkan Edmontosaurus atau Triceratops.

Sementara banyak bekas gigitan T. rex pada tulang fosil "segar", seperti pada tulang T. rex yang dikanibal dan beberapa spesimen Triceratops, ada beberapa fosil Edmontosaurus dengan bekas gigitan yang sembuh di sepanjang punggungnya.

Salah satu Edmontosaurus yang terluka bahkan memiliki ujung gigi tyrannosaurus yang tertanam di dalamnya. 

Penemuan ini adalah bukti bahwa dinosaurus benar-benar menangkap mangsanya, bukan hanya memulung bangkai.

Baca juga: Dinosaurus Predator Baru Ditemukan, Punya Lengan Kecil Seperti T-rex

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com