Kompas.com - 18/08/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Kura-kura adalah jenis reptil yang memakan berbagai macam makanan. Kebanyakan kura-kura adalah omnivora, jadi mereka memakan daging dan tumbuhan.

Untuk diketahui, kura-kura bukanlah hewan sosial. Meskipun anggota dari spesies yang sama dapat terlihat berkumpul di sepanjang sungai atau berjemur di atas kayu, biasanya hanya ada sedikit interaksi antar individunya.

Beberapa spesies mungkin menghuni sungai atau danau yang sama, tetapi masing-masing memiliki makanan yang berbeda, perilaku makan, dan kemungkinan periode aktivitas yang berbeda.

Baca juga: Mengenal Kura-kura, Reptil yang Bisa Hidup Ratusan Tahun

Melansir Britannica, Selasa (16/8/2022), diketahui bahwa beberapa kura-kura memakan ubur-ubur dan salps.

Sementara, kura-kura yang merupakan jenis penyu sebagian besar adalah herbivora, tetapi beberapa akan memakan invertebrata dan bangkai.

Kura-kura lain mengonsumsi vegetasi tepi sungai. Beberapa kura-kura bahkan menghancurkan cangkang moluska untuk mendapatkan dagingnya.

Kura-kura pada gilirannya akan menjadi mangsa berbagai hewan, terutama saat masih menjadi telur dan tukik.

Hiu dan buaya adalah predator dari kura-kura ini. Biasanya predator dapat menghancurkan cangkang sebagian besar kura-kura air tawar, dan predator mamalia dapat membunuh kura-kura dewasa di darat maupun di perairan.

Baca juga: Apa Fungsi Tempurung Kura-kura?

Berikut beberapa contoh spesies kura-kura dan jenis makanan yang mereka konsumsi.

1. Kura-kura kelompok pemakan daging (karnivora)

Sebuah danau kecil di Gerogia mungkin menjadi rumah bagi setidaknya tujuh spesies kura-kura.

Di antaranya seperti kura-kura gertakan, kura-kura bertelinga merah, cooter timur, kura-kura lumpur biasa, kura-kura tempayan, stinkpots (kura-kura kesturi umum), dan kura-kura cangkang lunak berduri.

Kelompok ini termasuk jenis kura-kura yang sangat karnivora sekali, karena mereka sangat menggemari memangsa daging sebagai makanan mereka.

Menu daging yang biasanya mereka makan yakni ikan, katak, ular, dan burung air kecil.

Kura-kura cangkang lunak, kesturi dan lumpur pada dasarnya akan mengejar banyak hewan air kecil yang sama, tetapi dengan preferensi yang berbeda.

Kura-kura cangkang lunak sendiri lebih sering berburu ikan dan udang karang.

Sementara, stinkpot lebih banyak makan siput, larva serangga dan bangkai. Sedangkan, kura-kura lumpur biasanya memakan serangga, moluska dan bangkai.

Jenis kura-kura lainnya yang juga memakan daging adalah kura-kura rawa hitam Asia (Siebenrockiella crassicollis), kura- kura kesturi tempayan Amerika (Sternotherus carinatus), dan kura-kura cangkang Zambezi Afrika (Cyclanorbis frenatum) hanya memakan moluska.

Selain itu, kura-kura belimbing sebagain besar mengonsumsi ubur-ubur dan salps, tetapi ini lebih sering dilakukan sebagai mangsa musiman.

Baca juga: 7 Jenis Kura-kura yang Dilindungi di Indonesia

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.