Kura-kura Raksasa Ini Dikira Punah 100 Tahun Lalu, Peneliti Temukan Masih Hidup

Kompas.com - 11/06/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Spesies kura-kura raksasa Pulau Fernandina diperkirakan punah sejak 100 tahun lalu.

Namun kabar gembira datang dari peneliti yang mengungkapkan bahwa spesies tersebut ternyata ditemukan masih hidup di pulau Fernandina, Galapagos yang merupakan habitatnya.

Penemuan tersebut pun menandai pertama kalinya para peneliti menemukan spesies kura-kura Pulau Fernandina (Chelonoidis phantasticus) dalam kurun waktu lebih dari satu abad.

Dikutip dari New Scientist, Jumat (10/6/2022) ahli biologi menemukan kura-kura yang kemudian diberi nama Fernanda itu di pulau paling barat di kepulauan Galapagos pada tahun 2019.

Fernanda yang berkelamin betina ini merupakan kura-kura kedua yang ditemukan di pulau itu setelah sebelumnya seekor jantan juga ditemukan pula di sana pada tahun 1906.

Baca juga: Peneliti Temukan Kura-kura Raksasa di Galapagos yang Belum Diketahui Spesiesnya, Seperti Apa?

Saat melihat pertama kali, peneliti sempat menyangsikan bahwa Fernanda merupakan spesies kura-kura raksasa Pulau Fernandina.

Pasalnya pulau-pulau terdekat juga menampung spesies kura-kura raksasa lainnya.

Jadi bisa saja Fernanda dipindahkan dari pulau terdekat oleh manusia atau terbawa ketika terjadi badai.

Apalagi Fernanda juga tak memiliki ciri khas cangkang berbentuk punggung pelana seperti milik kura-kura jantan yang ditemukan sebelumnya.

Maka, untuk menentukan spesies kura-kura apakah itu, Stephen Gaughran dari Universitas Princeton di New Jersey bersama rekan-rekannya kemudian membandingkan DNA nya dengan 13 spesies kura-kura raksasa Galapagos lain yang diketahui.