Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Temukan Kura-kura Raksasa di Galapagos yang Belum Diketahui Spesiesnya, Seperti Apa?

Kompas.com - 15/03/2022, 10:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para peneliti berhasil menemukan kura-kura raksasa yang belum diketahui spesiesnya di Kepulauan Galapagos, Ekuador.

Berdasarkan tes DNA yang sudah dilakukan, pihak Kementerian Lingkungan Ekuador mengatakan, spesies baru kura-kura raksasa itu diperkiraan hidup di salah satu pulau yang belum teridentifikasi.

Kemudian, tim peneliti membandingkan materi genetik kura-kura yang saat ini berada di Pulau San Cristobal dengan tulang dan cangkang yang dikumpulkan sebelumnya.

Baca juga: Berusia 190 Tahun, Jonathan Pecahkan Rekor Jadi Kura-kura Tertua di Dunia

Spesimen itu telah disimpan sejak tahun 1906, dari sebuah gua di dataran tinggi pulau tersebut, dan menemukan bahwa keduanya berbeda.

"Spesies kura-kura raksasa yang menghuni Pulau San Cristobal, sampai sekarang dikenal secara ilmiah sebagai Chelonoidis chathamensis, secara genetik cocok dengan spesies yang berbeda," papar pihak kementerian lingkungan melalui akun Twitter-nya.

Kura-kura yang hidup di Pulau San Cristobal sebelumnya diidentifkasi sebagai Chelonoidis chathamensis, namun penelitian terbaru menunjukkan hewan tersebut secara genetik adalah spesies yang berbeda.

Wilayah yang merupakan tempat di mana kura-kura besar ini berasal, belum pernah dijelajah oleh para peneliti sebelumnya.

"Para ilmuwan menyimpulkan bahwa hampir 8.000 kura-kura yang ada saat ini di San Cristobal bukanlah Chelonoidis chathamensis tetapi sesuai dengan garis keturunan baru yang belum dideskripsikan," ujar perwakilan Taman Nasional Galapagos dilansir dari Reuters, Jumat (11/3/2022).

Taman Nasional Galapagos menambahkan, pada awalnya ditemukan 15 spesies kura-kura raksasa di pulau itu, tiga di antaranya dilaporkan telah punah berabad-abad lalu.

Garis keturunan yang sebelumnya dianggap sesuai dengan kura-kura di Pulau San Cristobal mungkin milik spesies yang telah punah, dan hidup bersama dengan hewan yang masih hidup.

Baca juga: Terungkap, Kura-Kura Galapagos Berumur Panjang dan Hidup Tanpa Kanker

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com