Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2022, 13:31 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rekombinasi dua varian Covid-19, Delta dan Omicron, atau yang disebut sebagai varian baru Deltacron telah teridentifikasi di beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Deltacron adalah varian Covid-19 yang terdiri dari elemen varian Delta dan Omicron. Artinya, varian ini mengandung gen dari kedua varian tersebut yang membuatnya menjadi virus rekombinan.

Deltacron muncul saat seseorang terinfeksi dua varian virus corona yakni kombinasi Delta dan Omicron, serta selnya kemudian bereplikasi secara bersamaan.

Varian Deltacron di Eropa

Epidemiolog dari Griffith University Australia dr Dicky Budiman menjelaskan, rekombinan dari varian Delta dan Omicron memang telah terdeteksi di beberapa negara Eropa.

Menurut dia, sejauh ini belum ada data yang mengkhawatirkan dari adanya varian baru Covid-19 Deltacron ini.

Baca juga: Deltacron Bukan Varian Baru Virus Corona, Apa itu?

“Jadi Deltacron ini memang ada, namanya belum resmi Deltacron. Namun sejauh ini tidak ada data yang terlalu mengkhawatirkan karena jumlahnya (kasus varian Covid Deltacron) itu kecil,” ujar Dicky saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/3/2022).

Ia menambahkan, sampai sekarang belum dilaporkan adanya potensi perburukan dari rekombinan tersebut, termasuk belum dilaporkan adanya tingkat kecepatan penularan dan keparahan dibandingkan varian Delta dan Omicron.

Apa yang perlu diwaspadai dari munculnya varian Deltacron Covid?

Kendati begitu, di tengah pelonggaran-pelonggaran yang dilakukan sejumlah negara di dunia harus diwaspadai kemunculan varian-varian rekombinan, yang kemudian dapat menimbulkan subvarian atau varian lain yang lebih efektif dalam memperburuk situasi.

Artinya, tak hanya perlu mewaspadai kemunculan Deltacron, namun subvarian atau varian lain bisa lebih cepat menular, lebih menyebabkan keparahan, hingga mengurangi efikasi vaksinasi juga harus diwaspadai.

Baca juga: WHO Konfirmasi Adanya Deltacron, Rekombinasi Delta dan Omicron yang Telah Menyebar di Eropa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com