Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live Kompas.com: Tak Kunjung Hamil, Kapan Perlu Program Bayi Tabung?

Kompas.com - 14/07/2022, 16:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Memiliki keturunan atau anak selalu menjadi dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Anak kerap disimbolkan sebagai buah cinta dari orangtua.

Namun, faktanya 10-15 persen penduduk Indonesia di usia subur diperkirakan mengalami infertilitas atau gangguan kesuburan.

Infertilitas adalah salah satu penyebab utama dalam sulitnya mendapatkan keturunan atau anak.

Infertilitas ini kerap mengganggu pasangan yang sudah menikah dalam program kehamilan, atau keinginan mereka untuk cepat mendapatkan keturunan.

Salah satu cara yang paling sering disebutkan untuk membantu kesulitan memiliki keturunan ini adalah program bayi tabung.

Baca juga: Mandul Berbeda dari Infertilitas, Ini Penyebab Mandul

Namun, benarhkah program bayi tabung bisa membantu pasangan dengan masalah infertilitas segera memiliki keturunan?

Beragam persoalan sulitnya memiliki keturunan ini akan dijawab oleh dr. Aida Riyanti, Sp.OG-KFER, M.RepSc. sebagai Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi & Reproduksi, RS Pondok Indah IVF Centre dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya.

Dalam bincang-bincang yang akan ditayangkan di berbagai platform media sosial Kompas.com, Jumat, 15 Juli 2022 pada pukul 14.00 WIB; Kompas.com dan dr Aida Riyanti Sp.OG-KFER, M.RepSc akan menjelaskan, kapan seharusnya pasangan yang sudah menikah ini mulai ke dokter jika tak kunjung dikaruniai anak.

Kemudian, bagaimana cara yang baik untuk membantu pasangan menikah mengatasi masalah infertilitas tersebut, agar mereka segera bisa hamil dan memiliki keturunan, termasuk persoalan progam bayi tabung.

Baca juga: 2 Faktor Keberhasilan Program Bayi Tabung bagi Pasangan Tidak Subur

Bagi Anda yang ingin ikut bertanya, Anda bisa menuliskan pertanyaan di kolom komentar akun Instagram @kompascom atau Anda bisa bertanya langsung saat acara Live Instagram Kompas.com yang bertajuk Tak Kunjung Hamil, Kapan Program Bayi Tabung? pada Jumat, 15 April 2022, pukul 14.00 WIB di akun Instagram @kompascom, Facebook @kompascom dan YouTube resmi Kompas.com.

Yuk, catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com