Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini M 5,4 Guncang Teluk Tomini Terasa hingga Gorontalo

Kompas.com - 14/07/2022, 13:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa terkini bermagnitudo M 5,4 mengguncang wilayah Teluk Tomini, Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara pagi ini pada pukul 09.58 WIB, hari ini, Kamis (14/7/2022). 

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,3.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno M.Si mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,07° LS ; 124,41° BT. Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 57 Km arah Tenggara Kota Bolaang Uki, Sulawesi Utara pada kedalaman 83 Kilometer.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tektonik yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," jelasnya.

Kendati lokasi pusat gempa bumi ini berada di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, getaran akibat guncangan gempa hari ini dirasakan di sejumlah daerah dengan skala intensitas yang bervariasi.

Baca juga: Gempa Terkini M 5,3 Guncang Selatan Jawa Timur, Sudah 26 Kali Susulan

Gempa Teluk Tomini ini berdampak dan dirasakan di daerah Kotamobagu dengan skala intensitas IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Selanjutnya, masyarakat di daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Minahasa Selatan dengan skala intensitas III-IV MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan Terasa getaran seakan akan truk berlalu. 

Masyarakat di daerah Tomohon, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi ini dengan skala intensitas II- III MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Selain itu, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Gempa terkini hari ini, Kamis (14/7/2022) mengguncang wilayah Teluk Tomini. Hasil monitoring BMKG, hingga pukul 10.25 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Baca juga: Gempa Terkini 5,4 Magnitudo Guncang Bengkulu, Ini Analisis BMKG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com