Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2022, 19:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com -  Robot penjelajah Perseverance milik NASA di Mars, mengalami kerusakan pada salah satu sensor angin dikarenakan kerikil yang terbawa oleh hembusan angin kuat.

Penjelajah Mars Perseverance NASA tiba di Planet Merah pada Februari 2021 dengan membawa beberapa instrumen termasuk stasiun cuaca yang dijuluki Mars Environmental Dynamics Analyzer (MEDA).

Instrumen ini mencakup dua sensor angin yang mengukur kecepatan dan arah, serta sensor lainnya yang menyediakan informasi metrik cuaca seperti kelembaban, radiasi, dan suhu udara.

Meskipun salah satu sensor angin robot Perseverance rusak, tapi MEDA masih dapat melacak angin di area pendaratannya di Kawah Jezero dengan sensitivitas yang menurun.

Baca juga: Robot Perseverance Berhasil Kumpulkan Batuan Mars, tapi Sampel Lenyap

“Saat ini sensor (robot penjelajah Mars) berkurang kemampuannya, tapi masih memberikan besaran kecepatan dan arah,” ujar seorang ilmuwan di Pusat Astrobiologi Spanyol di Madrid José Antonio Rodriguez Manfredi seperti dikutip dari Space, Rabu (6/7/2022).

Dua sensor angin seukuran penggaris pada Perseverance dikelilingi oleh enam detektor individu yang bertujuan untuk memberikan pembacaan yang akurat dari segala arah.

Saat ini, tim tengah menyetel ulang prosedur pengambilan untuk mendapatkan lebih banyak akurasi dari pembacaan detektor yang tidak rusak.

Menurut Laboratorium Propulsi Jet NASA di California yang mengelola robot penjelajah Perseverance, masing-masing dari dua sensor angin utama terpasang pada boom yang bisa dibuka untuk memindahkan sensor menjauh dari rover saat melaju di permukaan planet Mars.

Baca juga: Robot Penjelajah Mars NASA Kini Mampu Bidik Batuan dengan Laser

Halaman:
Sumber Space
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com