Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Mars ESA Temukan Lekukan Raksasa di Planet Merah, Ini Penampakannya

Kompas.com - 11/05/2022, 10:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Badan Antariksa Eropa (ESA) menyebut telah menemukan fitur unik geologi di planet Mars, yang berbentuk lekukan berukuran raksasa. Hal itu berhasil direkam robot Mars Express milik ESA, yang telah mengorbit di Mars sejak tahun 2003 lalu.

Dijelaskan ESA, fitur tersebut menampilkan detail yang sangat menakjubkan di mana terlihat seperti goresan besar di permukaan planet.

"Sekilas, fitur ini terlihat seperti seseorang telah mencungkil kuku mereka di permukaan Planet Merah," tulis ESA dalam laman resminya, Kamis (28/4/2022).

Adapun lekukan di permukaan planet adalah bagian dari sistem patahan raksasa di Mars, dikenal sebagai Tantalus Fossae yang artinya cekungan.

Tantalus Fossae membentang di sepanjang sisi timur gunung berapi Mars, yakni Gunung Alba Mons yang relatif datar dan luas.

Baca juga: Robot Perseverance Berhasil Kumpulkan Batuan Mars, tapi Sampel Lenyap

"Wilayah (lekukan raksasa yang diambil robot Mars ESA) ini dinamai Tantalus yaitu putra Dewa Zeus dan Plouto yang menurut legenda Yunani Kuno mengkhianati para dewa dan dipaksa oleh Hades untuk berdiri di air di bawah pohon buah-buahan," ujarnya.

Berkaitan dengan luas permukannya, lanjut ESA, Alba Mons adalah gunung berapi terbesar di Mars dengan aliran vulkanik yang dapat mengakir setidaknya sepanjang 1.350 km.

Namun pada titik tertingginya, ketinggian gunung berapi itu hanya mencapai 6,8 km. Sementara, Fossa terbentuk saat puncak Gunung Alba Mons naik lalu menyebabkan permukaan di sekitarnya menjadi melengkung, memanjang, dan pecah.

Dilansir dari Science Alert, Senin (9/5/2022) selain detail pada gambar yang ditangkap Mars Express, palung ini memiliki kedalaman hingga 350 meter dengan lebar 10 km, dan dapat membentang hingga 1.000 km.

Dalam gambar yang diambil robot ESA, tampak lekukan raksasa di planet Mars berwarna kecokelatan dan memang warna asli jika dilihat dari tempat asalnya.

Baca juga: Foto Mars Diambil Robot Perseverance NASA, Begini Wajah Planet Merah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com