Mengenal Penyakit Hepatitis yang Ada di Indonesia: Hepatitis A, B, C, D dan E

Kompas.com - 05/07/2022, 19:03 WIB


KOMPAS.com- Hepatitis bukanlah penyakit baru yang ada dan menyerang masyarakat Indonesia. Hepatitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada hati atau liver.

Penyebab utama penyakit hepatitis diketahui adalah infeksi virus, yaitu virus hepatotropik (virus yang menyukai atau menyerang organ hati saja) dan non-hepatotropik (virus yang menyerang sistemik dan bisa juga organ hati).

Namun, ada juga kemungkinan hepatitis disebabkan oleh autoimun, bahan kimia, penyalahgunaan obat, pengobatan tertentu, racun dan alkohol.

Divisi Gastrohepatologi Departemen IKA FKUI-RSCM, Muzal Kadim mengatakan, permasalahan hepatitis akut misterius yang saat ini sedang marak terjadi di sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia, tidak bisa dipisahkan dengan bahasan mengenai penyakit hepatitis akut itu sendiri.

Penyakit hepatitis akut ini sudah banyak sekali kasusnya di Indonesia bahkan sebelum hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak mulai mencuri perhatian masyarakat dunia.

Hepatitis akut misterius ini berkaitan sekali dengan permasalahan hepatitis akut di Indonesia ini sangat besar,” kata Muzal dalam diskusi daring bertajuk #12th Drossi Open Lecture: Mengenal Lebih Jauh Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Jumat (1/7/2022).

“Sebenarnya permasalahan hepatitis akut di Indonesia ini lebih besar ya daripada hepatitis akut misterius itu sendiri,” tambahnya.

Baca juga: Diduga Jadi Penyebab Hepatitis A, Amerika Serikat dan Kanada Selidiki Stroberi Organik

Jenis hepatitis di Indonesia sebelum munculnya hepatitis akut misterius, di antaranya Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, dan Hepatitis E. Berikut uraian lebih lengkapnya.

Hepatitis A

Hepatitis A adalah hasil dari infeksi virus hepatitis A (HAV). Jenis hepatitis ini adalah penyakit akut jangka pendek.

“Hepatitis A ini yang paling mendekati hepatitis akut unknown (misterius) sebenarnya, dari penularannya dan gejalanya,” kata Muzal.

Hepatitis A menular lewat mulut. Siklus dasarnya, virus hepatitis A akan menyerang hati melalui makanan atau air yang terkontaminasi virus tersebut.

Makanan atau air terkontaminasi virus dari tinja, dan virus hepatitis A itu pun akan keluar dalam tinja yang dikeluarkan oleh penderita, yang kemudian bisa menjadi sumber penularan baru.

“Jadi mekanisme ini mirip dengan hepatitis akut misterius ya. Sangat mirip sekali, yang paling mirip adalah hepatitis A,” ujarnya.

Virus hepatitis A termasuk ke dalam jenis virus hepatotoprik yakni yang hanya menyerang organ hati saja. Fase klinis atau gejala hepatitis A:

  • Demam
  • Kelelahan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual muntah
  • Rasa tidak nyaman pada bagian perut
  • Urine berwarna gelap
  • Kuning

Jika penyakit ini tidak ditangani dengan baik dan segera, jenis hepatitis A tersebut juga berisiko kematian.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Masuk Kategori Kejadian Luar Biasa, Apa Bedanya dengan Pandemi?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.