Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Hepatitis Akut Misterius Kini di 20 Negara, Terbanyak di Inggris dan AS

Kompas.com - 12/05/2022, 16:00 WIB
Mela Arnani,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak tengah menyedot perhatian dunia. Beberapa negara telah melaporkan penemuan kasus yang dikaitkan dengan hepatitis akut pada anak-anak, tak terkecuali Indonesia.

Dalam rilis resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dikeluarkan pada 10 Mei 2022, terbaru Amerika Serikat mengumumkan lebih dari 100 kasus secara nasional, dengan lima anak di antaranya meninggal dunia karena virus.

Adapun terdapat 348 kasus kemungkinan yang memenuhi definisi dan 70 kasus tambahan tengah menunggu klasifikasi.

Kasus-kasus tambahan belum menyelesaikan tes hepatitis A, B, C, D, dan E, serta proses negara yang mungkin memerlukan waktu.

“Secara keseluruhan, ada 20 negara yang mungkin melaporkan kasus dan kemudian 13 tambahan di mana kasus lain yang sedang berlangsung ini tengah diselidiki,” tulis WHO.

Melansir Global News, Inggris memimpin dengan kasus terbanyak sekitar 163 kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius, Simak 7 Tanya Jawab mengenai Penyakit Ini

Daftar negara kasus hepatitis akut

1. Amerika Serikat

Melansir The Inquirer, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) tengah menyelidiki kasus hepatitis misterius pada anak-anak.

Sejak Oktober tahun lalu, dilaporkan adanya 109 kasus dengan lima anak meninggal dunia dan beberapa lainnya membutuhkan transplantasi hati.

Sekitar setengah dari anak-anak tersebut telah mengonfirmasi kasus adenovirus, virus umum yang dapat menyebabkan gejala mirip flu.

Sejauh ini belum dikatahui secara pasti penyebabnya, tapi tengah diselidiki hubungan antara hepatitis dan adenovirus, atau faktor potensial lainnya yang berkontribusi.

Sebagian besar anak-anak yang menderita hepatitis telah sembuh. Namun, hepatitis parah jarang terjadi pada anak-anak sehingga orangtua harus waspada.

2. Inggris Raya

Setidaknya 163 kasus hepatitis misterius pada anak-anak ditemukan di Inggris selama periode 21 Januari-3 Mei 2022.

Dari jumlah tersebut, tercatat 118 kasus merupakan penduduk Inggris, 22 kasus di Skotlandia, 13 kasus di Wales, dan 10 kasus di Irlandia.

Baca juga: 7 Upaya Mencegah Hepatitis Akut Misterius, Apa Saja?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com