Kompas.com - 28/06/2022, 18:30 WIB


KOMPAS.com - Terjadi kebocoran gas beracun dari tangki penyimpanan di pelabuhan Aqaba Yordania yang memakan korban jiwa. Akibatnya gas klorin meledak ini, sebanyak 13 orang tewas dan 251 terluka akibat kejadian ini.

Korban luka telah diangkut ke dua rumah sakit milik pemerintah, satu fasilitas swasta, dan satu rumah sakit lapangan. Adapun orang-orang yang terluka berada dalam kondisi sedang hingga kritis.

Dilansir dari The Guardian, kebocoran gas klorin pada Senin (27/6/2022) terjadi setelah kabel yang mengangkat tangki berisi 25 ton klorin terputus dan mengakibatkan ledakan hebat.

Pelabuhan Aqaba yang terletak di ujung utara Laut Merah memang telah lama dijadikan rute transit utama untuk impor dan ekspor Irak.

Akibat peristiwa ini, pemerintah setempat meminta masyarakat untuk menutup jendela dan tetap tinggal di dalam rumah.

Baca juga: Belasan Warga Cianjur Keracunan Gas Klorin, Ini Kata Ahli

Apa itu gas klorin?

Klorin adalah bahan desinfektan dan pemurnian air yang banyak digunakan.

Namun jika terhirup manusia, gas akan berubah menjadi asam klorida yang dapat menyebabkan pembakaran internal dan mengendap melalui pelepasan air secara reaksioner di paru-paru.

Klorin merupakan unsur yang digunakan dalam industri dan ditemukan pada beberapa produk rumah tangga. Terkadang, klorin berbentuk gas beracun.

Gas klorin dapat ditekan dan didinginkan untuk mengubahnya menjadi cairan sehingga dapat dikirim dan disimpan.

Saat klorin cair dilepaskan, dengan cepat berubah menjadi gas klorin yang tetap dekat dengan tanah dan menyebar dengan cepat.

Baca juga: 35 Warga San Jose Keracunan Gas Klorin Saat Berenang, Apa Itu?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.