Kompas.com - 28/06/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Ikan Duyung kembali ramai diperbincangkan usai viral dalam sebuah unggahan video di platform media sosial TikTok.

Akun TikTok @capt.fredrik_kailola, mengunggah video yang memperlihatkan penampakan putri duyung atau ikan duyung pada Senin (27/6/2022).

Dalam unggahannya tersebut, @capt.fredrik_kailola menjelaskan bahwa penampakan putri duyung atau ikan duyung ini bukan yang pertama kali datang di pantai sekitar Ambon.

Terlihat Sosok Menyerupai Putri Duyung, dipantai Latuhalat Kota Ambon,” tulis akun tersebut seperti dikutip Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Ia pun menjelaskan, sebelumnya ikan duyung tersebut juga pernah terlihat di Pantai Seilale, Ambon.

Baca juga: Jangan Tertukar Lagi, Ini Beda Dugong, Pesut dan Lumba-lumba

Ikan duyung bukan ikan

Putri duyung adalah sebutan populer oleh masyarakat awam yang merujuk pada penggambaran imajinasi seorang gadis cantik dari tubuh ke kepala dengan bagian bawah badan menyerupai ikan yang lengkap dengan ekor.

Sementara, ikan duyung adalah sebutan populer pada hewan asli bernama Dugong.

Dugong memiliki nama ilmiah Dugong dugon. Satwa air yang satu ini termasuk dalam Ordo Sirenia dan famili Dugongidae.

Dilansir dari National Geographic, Dugong sebetulnya bukan ikan, melainkan mamalia yang sangat besar yang habitatnya di perairan pantai yang hangat.

Mamalia air tersebut dapat ditemukan dari Afrika Timur hingga Australi, termasuk Laut Merah, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Hewan Dugong masih berkerabat dengan manatee dan memiliki kemiripan penampilan dan perilaku, walaupun ekornya melengkung seperti ekor paus.

Kedua hewan laut ini juga berkerabat dengan gajah, meskipun hewan darat raksasa itu sama sekali tidak mirip dalam penampilan atau perilaku.

Baca juga: Mitologi dan Fakta soal Duyung: dari Siren, Columbus, hingga Manatee

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.