Kompas.com - 25/06/2022, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Pada 24 Juni 2022 lalu, fenomena planet sejajar menghadirkan 5 planet berada segaris dengan Bulan, salah satunya Saturnus. Salah satu keunikan planet terbesar kedua di Tata Surya ini adalah cincin yang melingkarinya.

Fenomena planet sejajar pada 24 dan 25 Juni ini, Saturnus menjadi salah satu dari lima planet yang berkonjungsi dengan Bulan, selain itu ada Merkurius, Venus, Mars dan Jupiter.

Saturnus adalah planet keenam yang terdekat dari Matahari. Sejak pertama kali ditemukan teleskop Galileo di tahun 1610, Saturnus menjadi planet yang mencuri perhatian lantaran memiliki cincin yang mengitari permukaannya.

Para ilmuwan pun berlomba-lomba untuk mengungkapkan penyebab Saturnus mempunyai cincin dengan ukurannya yang sangat besar itu.

Rahasia alam semesta kali ini mambahas lebih dalam kenapa Saturnus memiliki cincin.

Dilansir dari laman NASA Solar System Exploration, Jumat (24/6/2022) seperti Jupiter yang merupakan planet raksasa gas, Saturnus adalah planet yang sebagian besar terbuat dari hidrogen dan helium.

Baca juga: Selain Saturnus, 3 Planet Ini Juga Memiliki Cincin

Menariknya, Saturnus ternyata bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin. Kendati demikian, tidak ada cincin yang dinilai semenakjubkan atau serumit pada planet Saturnus.

Planet ini memiliki banyak debu, partikel, dan es di permukaannya. Material tersebut diduga terperangkap oleh gravitasi.

Sementara, cincin saturnus muncul karena panjang gelombang cahaya yang dipantulkan oleh sisa-sisa benda langit yang dahulu mengitari planet itu.

Sejumlah ilmuwan memperkirakan bahwa ukuran Saturnus yang mungkin terlalu besar, menyebabkan tarikan gravitasinya pun kuat. Sehingga mampu menarik benda langit di luar angkasa.

Beberapa di antaranya bahkan berukuran sebesar bangunan, dan diduga menyebabkan kenapa Saturnus memiliki setidaknya 62 bulan.

Lantas, kenapa ada cincin di Saturnus?

Para ilmuwan menduga satelit alami Saturnus disebut berkontribusi untuk memberikan debu ke cincinnya, serta menyerap debu-debu itu.

Baca juga: Terbuat dari Apa Cincin Saturnus?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.