Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2022, 10:01 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber space.com

KOMPAS.com - China berencana mengangkut sampel yang diperoleh dari Mars kembali ke Bumi pada tahun 2031.

Rencana ini dua tahun lebih cepat dibandingkan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA), yang juga berencana melakukan hal yang sama.

Target tersebut diumumkan oleh Kepala Desainer dari Tianwen 1 Sun Zezhou, yang tiba di Planet Merah pada Februari 2021.

Baca juga: Bukti Keberadaan Air di Mars Ditemukan Penjelajah Zhurong Milik China

Melalui presentasi yang dilaporkan dalam acara seminar di Universitas Nanjing, Zezhou menyampaikan, bahwa China menargetkan dua misi peluncuran dengan lepas landas pada akhir 2028, dan sampel dikirimkan kembali ke Bumi pada Juli 2031.

“Misi multi-peluncuran yang kompleks akan memiliki arsitektur yang lebih sederhana dibandingkan dengan proyek bersama NASA-ESA, dengan satu pendaratan Mars dan tidak ada penjelajah yang mengambil sampel situs yang berbeda,” tulis laporan tersebut.

Upaya yang dilakukan China akan lebih efisien, dengan batu dan tanah dikumpulkan dari satu area kecil melalui pengambilan sampel permukaan dan pengeboran yang berpotensi mengggunakan robot berkaki empat.

Sebelumnya, China telah memiliki pengalaman dalam mengirimkan sampel dari Bulan melalui misi Chang’e 5 yang mendarat di satelit alami Bumi pada Desember 2020.

Selain itu, Negeri Tirai Bambu juga telah memiliki pengalaman cukup besar di Mars berkat misi Tianwen 1 yang diluncurkan pada Juli 2020 dan tiba di Planet Merah pada Februari 2021.

Adapun misi tersebut terdiri dari pengorbit, pendarat, dan penjelajah yang disebut Zhurong, yang terakhir mendarat pada Mei 2021.

Pengorbit Tianwen 1 dan Zhurong masih kuat berada di Planet Merah. Penjelajah memasuki masa hibernasi yang direncanakan pada Mei tahun ini, untuk mencoba bertahan lebih lama dari musim dingin yang begitu dingin di Mars.

Baca juga: NASA Berencana Kirimkan Dua Astronot dalam Misi ke Mars

Halaman:
Sumber space.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com