Kompas.com - 24/05/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirnya mengumumkan akan mengirimkan dua astronot dalam misi ke Mars.

Pasalnya, selama beberapa tahun ke belakang, para ilmuwan memang berambisi untuk mengirimkan manusia ke planet Mars.

Misi tersebut rencananya berlangsung selama 30 hari, di mana para astronot NASA akan mendarat di permukaan Planet Merah.

Baca juga: Wisata di Planet Mars, 8 Destinasi Mars Ini Bisa Dikunjungi di Masa Depan

Pihaknya juga telah menyiapkan outline, atau daftar perencanaan bagaimana mereka akan tinggal selama kurang lebih satu bulan di Mars.

Selain membawa astronot, pesawat ruang angkasa juga dapat berfungsi sebagai tempat tinggal keduanya saat menjalankan misi eksplorasi.

Dilansir dari IFL Science, Rabu (18/5/2022), setidaknya ada 50 tujuan yang ingin dicapai dari misi tersebut, dengan draf perencanaannya yang juga telah disiapkan dengan matang.

Nantinya, para ilmuwan akan mengirimkan kargo seberat 25 ton yang membawah makanan, obat, dan kebutuhan lainnya terlebih dahulu sebelum mengirimkan dua astronot ke Mars.

NASA mengatakan bahwa sesampainya di sana, para astronot membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan atmosfer di Planet Merah itu.

"Hasil yang kami terima dari tujuan yang telah kami identifikasi akan menginformasikan rencana eksplorasi di Bulan dan Mars selama 20 tahun ke depan," papar Deputy Administrator NASA Pam Melroy.

Baca juga: Bukti Keberadaan Air di Mars Ditemukan Penjelajah Zhurong Milik China

Melroy mengaku, untuk menyukseskan rencana NASA pergi ke Mars, dibutuhkan banyak dukungan dari berbagai pemangku kepentingan. Maka, ia membuka kesempatan bagi mitra internasional untuk berkolaborasi di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.