Kompas.com - 22/05/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.comIkan pari manta adalah ikan pari yang paling besar dan termasuk salah satu ikan terbesar di dunia. Dalam IUCN Red List, ikan pari manta memiliki status endangered atau terancam punah.

Ikan pari manta adalah ikan yang pintar. Ikan ini memiliki otak terbesar diantara ikan berdarah dingin lainnya. Otak ini membuat ikan pari manta memiliki fungsi kognitif yang baik, seperti yang dimiliki oleh lumba-lumba, primata, dan gajah.

Klasifikasi

Dilansir dari Fisheries National Oceanic and Atmospheric Administration, berikut adalah klasifikasi ikan pari manta:

  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Kelas: Chondrichthyes
  • Ordo: Rajiformes
  • Famili: Mobulidae
  • Genus: Manta
  • Spesies: birostris

Morfologi

Ikan pari manta adalah ikan pari terbesar yang bisa memiliki lebar rata-rata 4 sampai 5 meter. Namun, ikan pari manta terbesar yang pernah ditemukan adalah 8,8 meter. Berat ikan ini bisa mencapai 2.000 kilogram.

Ciri khas ikan pari manta adalah bagian atas tubuhnya di bagian bahu terdapat bagian berwarna putih berbentuk 2 segitiga. Hal ini membuat ilusi optik seolah terdapat huruf T berwarna hitam di punggung ikan pari raksasa ini.

Ciri khas yang kedua adalah cuping kepala yang disebut dengan gill plates. Gill plates terletak di ujung mulut ikan pari manta dan berwarna hitam. Bagian inilah yang sering diburu para pemburu liat dan menyebabkan populasi ikan pari manta terancam.

Berbeda dengan ikan pari lainnya, ikan pari manta tidak memiliki duri pada ekornya. Ikan pari manta juga menggunakan mulutnya yang besar untuk menyaring plankton dan ikan kecil dari perairan untuk menjadi makanannya.

Baca juga: Cara Ikan Pari Berkembang Biak

Cara berkembang biak

Cara berkembang biak ikan pari manta adalah dengan vivipar. Ikan pari manta betina hanya bisa melahirkan satu ekor bayi ikan pari manta dalam dua hingga tiga tahun sekali. Masa kehamilannya pun cukup panjang, yaitu hampir 1 tahun.

Ikan pari manta bisa hidup hingga 40 tahun. Namun, pertumbuhan dan perkembangan ikan pari manta belum cukup dipahami oleh para ilmuwan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.