Kompas.com - 22/05/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Saat ini banyak generasi muda yang mengidolakan seseorang atau suatu grup sampai rela berkorban untuk mereka. Misalnya, rela bertengkar karena idolanya dihina oleh orang lain, bahkan hingga berurusan dengan polisi. Mengidolakan seseorang atau grup hingga seperti ini bisa jadi tanda parasocial relationship.

Parasocial relationship

Parasocial relationship adalah hubungan satu arah dimana seseorang mengerahkan seluruh energi, emosi, dan waktunya untuk orang tertentu. Namun, orang tersebut bahkan tidak menyadari keberadaan orang yang mengidolakan atau memberikan usahanya tersebut.

Hubungan parasosial ini paling sering terjadi pada figur publik, seperti artis, atlet olahraga, atau tokoh lainnya. Beberapa penelitian yang dilakukan biasanya menunjukkan bahwa hubungan ini fokus pada pertemanan. Sayangnya, hubungan ini justru banyak menimbulkan dampak negatif.

Penyebab

Pada awalnya, hubungan parasosial terjadi sejak banyaknya persona yang ditampilkan lewat tayangan televisi. Namun, hubungan parasosial semakin meningkat seiring dengan perkembangan media sosial. Ketersediaan akses internet menjadi penyebab hubungan parasosial semakin meningkat.

Dilansir dari Find A Psychologist, ketergantungan internet terbukti meningkatkan interaksi parasosial. Komunikasi melalui media sosial dengan individu lainnya memicu hubungan parasosial semakin kuat.

Hubungan parasosial menjadi fenomena yang banyak terjadi antara individu dengan influencer kesukaan mereka, idola, atau tokoh kesukaan mereka. Semua yang dilakukan oleh orang yang memiliki hubungan parasosial dilakukan secara sukarela.

Baca juga: Viral Safa Space di Twitter, Kenapa Fans Kpop Militan Membela Idolanya?

Apakah hubungan parasosial adalah gangguan mental?

Sebelumnya, hubungan parasosial dianggap sebagai penyakit mental. Hubungan parasosial dianggap sebagai gejala kesepian dan kecemasan sosial. Namun, studi menunjukkan tidak ada hubungan antara kesepian dan hubungan parasosial.

Hubungan parasosial lebih dianggap sebagai cara seseorang mengekspresikan kekagumannya terhadap persona favoritnya. Namun, penting bagi orang yang memiliki hubungan parasosial bahwa hubungan ini tidak boleh menggantikan kehidupan dan interaksinya mereka di kehidupan nyata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.