Kompas.com - 20/05/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Safa space menjadi trend di media sosial Twitter dikarenakan persoalan antara seorang warganet bernama Safa dengan fans NCT Dream, grup boyband asal Korea Selatan. Safa diserang fans NCT Dream hingga dibuatkan Space di Twitter karena dianggap telah menghina salah satu personil NCT Dream.

Dalam Space tersebut, Safa dituntut untuk membuat video permintaan maaf dan surat permohonan maaf bermaterai yang ditandatangani oleh orangtuanya. Lebih lanjut, salah satu fans NCTDream mengancam akan membawa Safa ke meja hijau karena telah menghina idolanya.

Kejadian ini pun ramai dipergunjingkan oleh netizen, yang terheran-heran mengapa para fans Kpop atau akrab disebut Kpoper bisa begitu militan membela idolanya.

Baca juga: Mengapa Komet Borisov Kemungkinan Membawa Kehidupan? Ahli Jelaskan

Menanggapi fenomena ini, Peneliti Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ranny Rastati pun angkat bicara.

Dia berkata bahwa idol (idola Kpop) dan karya-karyanya telah dianggap sebagai "sahabat dekat" oleh fans.

“(Lagunya) menemani hari-hari yg dilalui para fans,” ujar Ranny saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/5/2022).

Lirik dalam lagu-lagu Kpop misalnya, lanjut dia, menemani momen-momen pergulatan emosi fans mulai dari masa senang, sedih, marah, dan bimbang, sehingga fans merasa relate dan terhubung dengan idol.

“Inilah yang membuat idol punya banyak andil dalam kehidupan para fans. Idol menjadi penyemangat hidup dan inspirasi,” papar Ranny.

Baca juga: Ledakan Bintik Matahari Mati Picu Munculnya Aurora, Ahli Jelaskan

Selain itu, para fans juga tahu bahwa idola mereka bekerja keras untuk pencapaiannya saat ini. Hal inilah yang membuat fans tidak terima jika ada orang yang menjelek-jelekkan atau menghina idolanya.

“Fans merasa idolanya tidak pantas diusik oleh orang-orang yang bahkan tidak paham upaya-upaya yang sudah dilakukan para idol,” kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.