Kompas.com - 20/05/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengeluarkan daftar penggunaan darurat atau emergency use listing (EUL) vaksin Convidecia, Kamis (19/5/2022) kemarin.

Dengan demikian vaksin Covid-19 produksi CanSino Biologics asal China itu, menambah daftar jenis vaksin yang telah diizinkan penggunaan daruratnya oleh WHO.

Menurut Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) yang terdiri dari para pakar di seluruh dunia, vaksin Convidecia memiliki manfaat lebih besar dibandingkan risikonya.

Sehingga, SAGE menetapkan bahwa vaksin tersebut layak untuk digunakan masyarakat dalam upaya mencegah infeksi virus corona. 

Baca juga: Kandidat Vaksin Omicron Produksi China Akan Diuji Klinis di Uni Emirat Arab

Sama seperti vaksin Johnson & Johnson, vaksin Convidecia juga hanya disuntikkan sebanyak satu dosis saja.

"SAGE merekomendasikan penggunaan vaksin sebagai dosis tunggal (0,5 ml), pada semua kelompok usia 18 tahun ke atas," tulis WHO dalam laman resminya, Kamis (19/5/2022).

Dipaparkan WHO, vaksin Convidecia adalah vaksin berbasis adenovirus manusia yang dimodifikasi, dan mengekspresikan protein spike S dari SARS-CoV-2.

Vaksin ini diketahui memilliki tingkat efikasi sebesar 64 persen guna mencegah gejala infeksi Covid-19. Vaksin Convidecia dilaporkan efektif mencegah keparahan akibat Covid-19 hingga 92 persen.

Pihaknya menyebut, vaksin Convidecia dinilai berdasarkan tinjauan data terkait kualitas, keamanan, kemanjuran, rencana manajemen risiko, kesesuaian program, serta inspeksi lokasi pabrik.

"Prosedur EUL WHO menilai kualitas, keamanan, dan kemanjuran vaksin COVID-19 sebagai prasyarat untuk pasokan vaksin COVAX. Ini juga memungkinkan negara-negara untuk mempercepat persetujuan peraturan mereka sendiri untuk mengimpor dan mengelola vaksin Covid-19," terang WHO.

Baca juga: Mengenal Vaksin Baru Valneva, Vaksin Covid-19 Keenam yang Diizinkan di Inggris

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber AFP,WHO
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.