Kompas.com - 21/05/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Mars menjadi planet yang mungkin akan menjadi lokasi wisata yang luar biasa di masa depan untuk dijelajahi. Dari banyak tempat di planet ini, ada delapan destinasi wisata di Planet Mars yang mungkin bisa dikunjungi di masa depan. 

Lokasi pendaratan untuk misi Planet Mars di masa depan mungkin memerlukan dataran datar untuk alasan keamanan dan kepraktisan.

Dikutip dari Space, Sabtu (21/5/2022) berikut delapan lokasi yang bisa dikunjungi di Planet Mars di masa depan:

1. Olympus Mons

Olympus Mons merupakan gunung berapi paling ekstrem di tata surya. Terletak di wilayah vulkanik Tharsis, ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona.

Gunung ini mempunyai tinggi 25 kilometer dan membuatnya hampir tiga kali tinggi Gunung Everest di Bumi yang mempunyai tinggi sekitar 8,9 kilometer.

Olympus Mons adalah gunung berapi perisai raksasa yang terbentuk setelah lava perlahan merayap menuruni lerengnya. Di puncak gunung ini ini terdapat depresi spektakuler dengan lebar sekitar 85 kilometer, dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava dan runtuh.

Baca juga: Kata Elon Musk soal Kehidupan di Planet Mars

Gunung berapi ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi atau lokasi wisata Planet Mars, karena dengan struktur topografinya, Gunung Olympus Mons akan mudah didaki oleh penjelajah masa depan dikarenakan mempunyai kemiringan rata-rata hanya 5 persen.

2. Gunung berapi Tharsis

Terdapat gunung berapi Mars lain di wilayah Tharsis. Tharsis menampung 12 gunung berapi raksasa di zona yang lebarnya kira-kira 4.000 km.

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di bumi, mungkin karena Mars mempunyai tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi.

Gunung berapi ini kemungkinan telah meletus selama dua miliar tahun atau setengah dari sejarah Planet Mars.

3. Valles Marineris

Mars tidak hanya mempunyai gunung berapi terbesar di tata surya, tapi juga ngarai terbesar. Valles Marineris memiliki panjang sekitar 1850 mil (3000 km). Ini sekitar empat kali lebih panjang dari Grand Canyon, yang memiliki panjang sekitar 500 mil (800 km).

Para peneliti tidak yakin bagaimana Valles Marineris terbentuk, tapi ada beberapa teori tentang pembentukannya. Banyak ilmuwan berpikir, pembentukan wilayah Tharsis berkontribusi pada pertumbuhan Valles Marineris.

Lava yang bergerak melalui wilayah vulkanik mendorong kerak ke atas, yang memecah kerak menjadi rekahan di daerah lain. Seiring waktu, patah tulang ini tumbuh menjadi Valles Marineris. Ngarai Planet Merah ini, di masa depan mungkin akan dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Mars

Baca juga: Danau Tersembunyi di Planet Mars Tak Mengandung Air, Apa Isinya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.