Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2022, 10:01 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah foto yang dipotret oleh wahana penjelajah Curiosity di Mars menyita perhatian publik.

Pasalnya, foto itu memperlihatkan sebuah bentuk yang menyerupai pintu. Foto pun akhirnya memancing komentar orang-orang yang menyebut itu merupakan pintu alien yang tinggal di Mars.

Wahana penjelajah Curiosity mengambil gambar tak biasa tersebut dengan kamera Mast-nya pada 7 Mei. Namun, foto baru dirilis oleh NASA baru-baru ini.

Baca juga: NASA Catat Gempa Terbesar di Planet Mars, Seperti Apa?

Beberapa gambar berwarna juga telah dibuat berdasarkan versi aslinya yang berwarna hitam-putih untuk memperjelas foto tersebut.

Namun seperti dikutip dari Live Science, Minggu (15/5/2022) menanggapi foto ini, ahli cukup yakin jika bentuk pintu hanyalah fitur alami dari lanskap Mars.

"Ini adalah gambar yang sangat aneh. Tapi singkatnya itu tampak seperti erosi alami bagi saya," kata ahli geologi Inggris Neil Hodgson yang telah mempelajari geologi Mars.

Menurutnya, lapisan batuan yang disebut strata dapat dilihat di atas batu, menukik di sebelah kiri dan lebih tinggi di sebelah kanan.

"Itu adalah lapisan lumpur dengan lapisan pasir yang lebih keras yang menonjol. Lapisan diendapkan mungkin selama 4 miliar tahun yang lalu dalam sedimen sungai atau bukit pasir yang tertiup air," jelasnya.

Beberapa rekahan vertikal alami juga terlihat pada gambar. Di antaranya rekahan yang disebabkan oleh cuaca yang ekstrim di Mars.

Dan nampaknya 'pintu' terbentuk di mana patahan vertikal bersinggungan dengan strata. Batu berukuran besar juga turut berperan membentuk struktur seperti pintu.

"Semuanya sangat alami dan mirip dengan singkapan yang dapat Anda lihat di banyak tempat gersang di Bumi," papar Hodgson.

Hal serupa pun juga dikatakan oleh ahli geologi planet Nicholas Mangold dari Universitas Nantes di Prancis kepada Live Science melalui email. Ia mengatakan bahwa "pintu" Mars telah dibuat secara alami oleh struktur batu.

Baca juga: Robot Mars ESA Temukan Lekukan Raksasa di Planet Merah, Ini Penampakannya

Mangold menyebut pula beberapa petunjuk memperjelas bahwa subjek gambar bukanlah sebuah pintu yang sebenarnya. Ia mengungkapkan pula bahwa subjek itu memiliki tinggi kurang dari 1 meter.

Sementara itu spekulasi yang beredar, menyebut jika gua kecil berbentuk pintu mungkin disebabkan oleh gempa Mars.

Namun ahli geologi Angelo Pio Rossi dari Jacobs University di Bremen, Jerman berpendapat bahwa gempa di Mars tak ada hubungannya dengan terbentuknya pintu itu.

"Retak itu sendiri tidak diciptakan secara langsung oleh gempa Mars, tetapi hanya oleh deformasi melalui waktu geologis," katanya.

Lebih lanjut Hudgon menambahkan, bahwa gambar tersebut menggambarkan betapa bergunanya foto-foto dari penjelajah Mars seperti Curiosity dalam mengungkap lanskap Planet Merah.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Penyebab Planet Mars Bergemuruh dan Alami Gempa Misterius

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com