Kompas.com - 16/05/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Sebuah foto yang dipotret oleh wahana penjelajah Curiosity di Mars menyita perhatian publik.

Pasalnya, foto itu memperlihatkan sebuah bentuk yang menyerupai pintu. Foto pun akhirnya memancing komentar orang-orang yang menyebut itu merupakan pintu alien yang tinggal di Mars.

Wahana penjelajah Curiosity mengambil gambar tak biasa tersebut dengan kamera Mast-nya pada 7 Mei. Namun, foto baru dirilis oleh NASA baru-baru ini.

Baca juga: NASA Catat Gempa Terbesar di Planet Mars, Seperti Apa?

Beberapa gambar berwarna juga telah dibuat berdasarkan versi aslinya yang berwarna hitam-putih untuk memperjelas foto tersebut.

Namun seperti dikutip dari Live Science, Minggu (15/5/2022) menanggapi foto ini, ahli cukup yakin jika bentuk pintu hanyalah fitur alami dari lanskap Mars.

"Ini adalah gambar yang sangat aneh. Tapi singkatnya itu tampak seperti erosi alami bagi saya," kata ahli geologi Inggris Neil Hodgson yang telah mempelajari geologi Mars.

Menurutnya, lapisan batuan yang disebut strata dapat dilihat di atas batu, menukik di sebelah kiri dan lebih tinggi di sebelah kanan.

"Itu adalah lapisan lumpur dengan lapisan pasir yang lebih keras yang menonjol. Lapisan diendapkan mungkin selama 4 miliar tahun yang lalu dalam sedimen sungai atau bukit pasir yang tertiup air," jelasnya.

Beberapa rekahan vertikal alami juga terlihat pada gambar. Di antaranya rekahan yang disebabkan oleh cuaca yang ekstrim di Mars.

Dan nampaknya 'pintu' terbentuk di mana patahan vertikal bersinggungan dengan strata. Batu berukuran besar juga turut berperan membentuk struktur seperti pintu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.