Kompas.com - 16/05/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS), adalah gangguan keseimbangan hormon yang paling umum dialami perempuan pra-menopause.

Perempuan yang menderita PCOS memiliki tingkat androgen lebih tinggi dari normalnya, yang dapat merusak sistem metabolisme tubuh.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bahkan telah mengaitkan penyakit itu dengan kondisi kesehatan serius termasuk infertilitas, peningkatan risiko diabetes, masalah kulit (seperti jerawat), penipisan rambut, dan obesitas

Tak hanya itu, menurut ahli gizi di New York Janine Whiteson PCOS cenderung membuat penderitanya mudah mengalami kenaikan berat badan karena kadar insulin yang lebih tinggi.

Baca juga: 4 Cara Menurunkan Berat Badan yang Naik Setelah Lebaran

Hormon ini diproduksi oleh pankreas, yang berfungsi membantu sel-sel tubuh mengubah gula menjadi glukosa.

“PCOS ditambah dengan penambahan berat badan meningkatkan resistensi insulin, yang membuat (pasien) sangat sulit untuk menurunkan berat badan, meningkatkan risiko diabetes tipe 2 (dan kondisi kesehatan metabolik lainnya)," ujar Whiteson.

Setidaknya 40 hingga 80 persen perempuan pengidap PCOS, dilaporkan mengalami kelebihan berat badan ataupun obesitas.

Kendati demikian, jika Anda menderita PCOS dan ingin menurunkan berat badan, Whiteson menyarankan beberapa cara yang dapat dilakukan.

Berikut enam cara menurunkan berat badan bagi penderita PCOS menurut Whiteson.

1. Konsumsi banyak makanan mengandung serat

Whiteson berkata, mengonsumsi makanan dengan banyak serat dapat membantu mengurangi kadar insulin dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, sayuran hijau termasuk selada daun merah, arugula, paprika hijau, paprika merah, kacang-kacangan, lentil, almond, beri, ubi jalar, labu musim dingin, serta labu.

“Makanan berserat tinggi dapat membantu melawan resistensi insulin dengan memperlambat pencernaan dan mengurangi dampak gula dalam darah, yang mungkin bermanfaat bagi wanita dengan PCOS,” terangnya seperti dilansir dari The Healthy, Sabtu (13/1/2022).

2. Hindari makanan yang menyebabkan peradangan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di North American Journal of Medical Sciences, peradangan berisiko meningkatkan berat badan penderita PCOS.

Oleh karena itu, penting menghindari jenis makanan yang menyebabkan peradangan dan meminimalkan gejala PCOS.

Whiteson merekomendasikan tomat, kangkung, bayam, almond, kenari, minyak zaitun, buah-buahan tanpa gula, ikan berlemak dengan omega-3 seperti salmon ataupun sarden, dan biji-bijian.

Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang memicu peradangan misalnya margarin, daging olahan, serta makanan yang digoreng.

Baca juga: Mengenal PCOS dan Endometriosis, Penyebab Wanita Sulit Hamil

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.