Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Perpanjang Misi Helikopter Ingenuity di Mars, Apa Tugasnya?

Kompas.com - 17/03/2022, 13:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) resmi memperpanjang misi penerbangan helikopter Ingenuity di Mars hingga September.

Perpanjangan misi helikopter Ingenuity ini diumumkan setelah penerbangan ke-21 sukses dilakukan.

Dalam beberapa bulan ke depan, pesawat pertama dalam sejarah yang beroperasi di dunia lain ini, akan mendukung wahana penjelajah Perseverance menjelajahi delta sungai kuno Kawah Jezero.

Baca juga: Peneliti Kanada Mengeklaim Temukan Cara ke Mars Hanya dalam 45 Hari

Selain itu juga helikopter Ingenuity akan melanjutkan misi, untuk uji kemampuan yang mendukung desain kendaraan udara Planet Merah di masa depan.

"Kurang dari setahun yang lalu kami bahkan tidak tahu apakah penerbangan bertenaga dan terkontrol dari sebuah pesawat di Mars mungkin terjadi," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA.

Dan kini ilmuwan pun tengah menantikan keterlibatan Ingenuity yang mendukung wahana penjelajah Perseverance.

Seperti dikutip dari Phys, Rabu (16/3/2022) area operasi Ingenuity yang baru sama sekali berbeda dari medan yang telah dilaluinya sejak penerbangan pertamanya April lalu.

Kali ini helikopter akan mengeksplorasi delta sungai kuno Kawah Jezero. Medannya jelas berbeda karena delta berbentuk kipas, dipenuhi tebing bergerigi, permukaan miring, batu-batu besar yang menonjol, serta pasir yang dapat menjungkirbalikkan helikopter saat mendarat.

Namun, delta sungai ini menurut ilmuwan menyimpan banyak penemuan geologis yang mengarah pada kehidupan mikroskopis, yang mungkin pernah ada di Mars miliaran tahun yang lalu.

Setelah mencapai delta, perintah pertama Ingenuity adalah membantu menentukan rute mana yang harus diambil oleh wahana penjelajah Perserverance ketika tiba saatnya mendaki puncak delta.

Baca juga: Penampakan Kawah Mars Mirip Tunggul Pohon Beri Petunjuk Iklim Masa Lalu Planet Merah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com