Kompas.com - 16/05/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana penyu atau hewan laut lainnya menemukan jalan ketika melintasi lautan terbuka telah lama membuat penasaran para ahli.

Sekarang, sebuah studi mengungkapkan bahwa penyu memiliki kemudi geomagnetik dasar bawaan untuk menemukan tujuan mereka. Namun, kemampuan itu menurut peneliti nampaknya tak berfungsi secara maksimal.

Hasil tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan pada penyu sisik (Eretmochelys imbricata).

Dikutip dari Science Alert, Minggu (15/5/2022) para ilmuwan memasang pelacak GPS pada 22 penyu sisik untuk melihat rute yang akan mereka ambil menuju tempat mencari makan aslinya setelah kawin dan berkembang biak.

Baca juga: Atasi Masalah Penetasan Penyu di Konservasi, Ahli Bikin Inkubator Buatan

Pelacak itu mengungkapkan, bahwa rute yang diambil agak berliku-liku. Seekor penyu dapat menempuh total 1.306 kilometer untuk menemukan sebuah pulau yang sebenarnya hanya berjarak 176 kilometer.

Temuan pun menjadi bukti bahwa meski memiliki indra navigasi bawaan, namun ternyata indra itu tak berfungsi maksimal.

"Hasil kami memberikan bukti kuat bahwa penyu sisik hanya memiliki indra navigasi yang relatif kasar di laut terbuka," tulis para peneliti dalam makalah yang mereka terbitkan.

Perubahan kekuatan dan arah medan magnet di sekitar Bumi memang digunakan oleh banyak spesies untuk mencari tahu ke mana harus pergi. Dalam kasus penyu sisik, bantuan navigasi itu tampaknya berfungsi, tetapi hanya sampai batas tertentu.

"Itu tak memungkinkan mereka menuju garis lurus yang tepat. Tetapi itu akan memberi tahu mereka ketika mereka keluar dari rute yang jauh," ungkap ahli ekologi kelautan Graeme Hays, dari Universitas Deakin di Australia kepada The Guardian.

Lebih lanjut, sejauh yang peneliti ketahui, arus laut tidak memengaruhi cara penyu berpindah dari A ke B.