Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Raksasa Megalodon Ternyata Bisa Sakit Gigi, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 03/06/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Megalodon adalah hiu raksasa yang sudah punah dan mendominasi lautan jutaan tahun yang lalu. Sebuah studi baru menemukan, meski megalodon karnivora laut yang menakutkan, ternyata hiu raksasa ini tak kebal terhadap masalah gigi.

Dikutip dari Live Science, Kamis (2/6/2022) dalam studi ini peneliti menganalisis gigi megalodon (Otodus megalodon) yang memiliki bentuk terbelah.

Pada manusia dan mamalia lain, faktor genetik, penyakit, atau cedera terkadang dapat memengaruhi tunas gigi dan menyebabkan kelainan gigi yang dikenal sebagai patologi gigi ganda.

Kondisi tersebut terjadi di mana satu gigi tumbuh dengan perpecahan memanjang di tengah. Namun sedikit yang diketahui tentang patologi ini pada hiu.

Peneliti pun kemudian menganalisis gigi megalodon yang terbelah sepanjang 10 cm bersama dengan gigi fosil yang terbelah dari hiu lain untuk menentukan apa yang menyebabkan terjadinya kelainan bentuk.

Baca juga: Seberapa Besar Gigi Hiu Megalodon?

Untuk mengetahui benarkah hiu raksasa megalodon bisa sakit gigi, ilmuwan juga meneliti ratusan fosil gigi hiu yang merupakan koleksi North Carolina Museum of Natural Science di Raleigh.

Mereka hanya menemukan dua contoh deformitas gigi terbelah yang terbelah. Keduanya milik gigi hiu banteng Carcharhinus leucas.

Ilmuwan kemudian menyimpulkan bahwa cedera traumatis adalah penyebab paling mungkin mengapa gigi hiu menjadi terbelah.

Dengan sekitar 300 gigi di mulutnya, megalodon sepertinya tak cukup tergangu oleh satu gigi yang terbelah.

"Tetapi jika tunas giginya (hiu megalodon) terluka oleh duri atau tulang belakang mangsa yang kemudian bersarang di rahang hiu. Itu akan menyebabkan hewan sangat kesakitan dan mungkin membuatnya lebih sulit untuk berburu," kata rekan penulis studi Haviv Avrahami, kandidat doktor di Departemen Ilmu Biologi di North Carolina State University di Raleigh.

Baca juga: Sedang Jalan-jalan, Wanita Ini Temukan Gigi Hiu Purba Megalodon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com