Hiu Raksasa Megalodon Ternyata Bisa Sakit Gigi, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 03/06/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Megalodon adalah hiu raksasa yang sudah punah dan mendominasi lautan jutaan tahun yang lalu. Sebuah studi baru menemukan, meski megalodon karnivora laut yang menakutkan, ternyata hiu raksasa ini tak kebal terhadap masalah gigi.

Dikutip dari Live Science, Kamis (2/6/2022) dalam studi ini peneliti menganalisis gigi megalodon (Otodus megalodon) yang memiliki bentuk terbelah.

Pada manusia dan mamalia lain, faktor genetik, penyakit, atau cedera terkadang dapat memengaruhi tunas gigi dan menyebabkan kelainan gigi yang dikenal sebagai patologi gigi ganda.

Kondisi tersebut terjadi di mana satu gigi tumbuh dengan perpecahan memanjang di tengah. Namun sedikit yang diketahui tentang patologi ini pada hiu.

Peneliti pun kemudian menganalisis gigi megalodon yang terbelah sepanjang 10 cm bersama dengan gigi fosil yang terbelah dari hiu lain untuk menentukan apa yang menyebabkan terjadinya kelainan bentuk.