Kompas.com - 27/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Merokok merupakan faktor risiko nomor satu yang menyebabkan seseorang menderita kanker paru-paru.

Asap tembakau dikaitkan sebagai pemicu kerusakan DNA di paru-paru. Sementara jumlah rokok yang diisap seseorang dikaitkan dengan peningkatan mutasi sel pemicu kanker, setelah setara dengan sekitar 23 tahun merokok satu bungkus sehari.

Tanpa ragu, cara teraman untuk melindungi diri Anda dari kanker paru-paru adalah dengan menghindari merokok.

Namun disaat yang sama pula, ternyata tak semua perokok yang merokok seumur hidup mereka ditakdirkan untuk terkena kanker. Hal ini pun membuat banyak pihak termasuk ilmuwan bertanya-tanya, mengapa bisa seperti itu.

Sebuah studi baru menemukan bahwa genetika memiliki peran yang membuat para perokok ini terhindar dari kanker.