Kompas.com - 27/05/2022, 12:02 WIB


KOMPAS.com- Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, perlu adanya upaya supaya tidak terjadi cedera saat berolahraga.

General Manager Taisho Pharmaceutical Indonesia, Toshiyuki Ishii mengatakan, selama ini ada banyak sekali hal-hal atau pembelajaran edukasi kesehatan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran dalam berolahraga.

Toshiyuki juga menyampaikan, dalam edukasi kesehatan saat berolahraga ini, Taisho juga kerap diminta bantuan pendampingan dan bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, terutama mengenai kesehatan dan keamanan berolahraga para atlet agar terhindar dari cedera olahraga.

Secara umumnya, Toshiyuki menjelaskan bahwa kebanyakan cedera terjadi pada sistem otot dan rangka tubuh saat berolahraga.

Cedera olahraga tersebut dapat diakibatkan secara tidak sengaja, seperti kurang pemanasan, latihan yang melebihi kapasitas dan mungkin juga cedera karena suhu panas yang sering terjadi.

Baca juga: Cedera Saat Berolahraga, Kapan Harus Segera ke Dokter?

Contoh cedera saat berolahraga adalah keseleo, terkilir, cedera lutut, cedera tendon, dislokasi, patah tulang, hingga dehidrasi dan stroke karena suhu udara yang panas.

Oleh karena itu, supaya mendapatkan manfaat yang baik dari berolahraga, berikut beberapa tips atau cara mencegah cedera saat olahraga yang bisa Anda cermati dan lakukan.

1. Tetapkan target

Menetapkan target yang realistis sesuai kondisi masing-masing, dan peningkatan target dilakukan secara berkala.

2. Rencanakan detail jika mau olahraga jenis baru

Tips hindari cedera olahraga berikutnya adalah merencanakan dan mempersiapkan saat memulai program atau jenis olahraga baru.

Tip untuk menghindari cedera saat berolahraga dengan program rencana olahraga ini, upayakan Anda untuk memastikan telah mempelajari teknik tepat yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan jenis olahraga tersebut.

Baca juga: Ketahui Penyebab, Ciri, dan Pertolongan Pertama Cedera Saat Berolahraga

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.