Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Riders Musisi Minta 1 Slop Rokok, Begini Dampak Buruk Rokok Bagi Tubuh

Kompas.com - 27/04/2022, 18:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber WebMD

KOMPAS.com- Baru-baru ini, ramai daftar permintaan keinginan riders musisi Indonesia yang meminta disiapkan 1 slop rokok selama mereka manggung sesuai undangan penyelenggara.

Sebagai informasi, 1 slop rokok sama dengan 10 bungkus rokok. Hal ini cukup mengejutkan, karena mengingat bahaya rokok bagi perokok aktif dan perokok pasif, yakni orang yang hanya terpapar asapnya saja sangat buruk bagi kesehatan organ-organ tubuh.

Efek buruk merokok 1 slop rokok

Belakangan ramai, riders minta 1 slop rokok dalam daftar keinginan mereka sebelum tampil.

Jangankan merokok sebanyak 1 slop atau 10 bungkus rokok, merokok hanya satu batang saja sehari bisa membahayakan diri orang tersebut.

Dilansir dari WebMD, Rabu (27/4/2022) Direktur Women’s Heart Health di Lenox Hill Hospital di New York City, Dr Rachel Bond mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada minimal jumlah merokok yang aman untuk kesehatan tubuh.

“Tidak ada jumlah merokok yang aman,” kata dia.

Hal yang paling aman adalah berhenti merokok, dan menghindari pajanan asap rokok sebisa mungkin.

Baca juga: Dampak Rokok terhadap Kesehatan Jantung

 

Sebab, baik hanya merokok satu batang, atau sampai 1 slop rokok seperti yang ada dalam daftar permintaan riders musisi Indonesia, yang ramai belakangan ini, akan tetap berdampak buruk bagi kesehatan.

Bahaya merokok bahkan hanya sebatang rokok saja pun dilaporkan juga oleh, Allan Hackshaw dari UCL Cancer Institute di University College, London melihat data dari 141 studi terkait rokok ini.

Hackshaw dan tim studi terkait rokok menegaskan, merokok bahkan hanya sebatang sehari saja sudah meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh, terutama penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Karena rata-rata satu bungkus rokok berisi 20 batang, para peneliti memperkirakan bahwa risiko penyakit jantung atau stroke untuk perokok 1 batang per hari hanya 5 persen dari pengguna bungkus sehari.

Namun, nyatanya hal itu tidak terjadi. Sebaliknya, pria yang merokok satu batang sehari masih memiliki 46 persen kemungkinan penyakit jantung yang dimiliki perokok berat.

Belakangan ini, ramai riders musisi Indonesia yang meminta 1 slop rokok setiap sebelum tampil di suatu acara.

Baca juga: Tren Remaja Pakai Rokok Elektrik Meningkat, Ahli Ingatkan Dampak Buruknya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com