Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2022, 19:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banjir pesisir atau rob telah merendam delapan desa di Kecamatan Ulujumi, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah hari ini, Selasa (24/5/2022).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Sugiyanto mengatakan, telah melakukan asesmen dampak banjir di wilayah pesisir Pemalang Timur.

Hasilnya, di beberapa titik sampai hari ini, Selasa (24/5/2022) masih tergenang dengan ketinggian air bervariasi antara 30 sampai 10 sentimeter.

Baca juga: Berlaku sampai Besok, Peringatan Dini Potensi Banjir Rob di Jateng dan Jatim

Adapun 8 desa yang terendam yaitu Desa Pesantren, Mojo, Ketapang, Kaliprau, Tasikrejo, Blendung, Kertosari dan Limbangan.

Beberapa warga memilih mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Sementara aktivitas pendidikan di sekolah-sekolah yang masih terendam air rob diliburkan.

"Untuk evakuasi warga, kita siagakan dua set perahu karet di lokasi. Sedangkan penyaluran bantuan, kami melibatkan Baznas, PMI, Dinsos, serta instansi terkait lainnya," ungkap Sugiyanto.

Faktor penyebab banjir rob

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo M.T mengungkapkan, potensii banjir pesisir atau rob di beberapa wilayah Indonesia ini semakin meningkat karena berbagai faktor.

Di antaranya faktor fase bulan purnama dan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi yang berpotensi meningkatkan ketinggian air laut dalam pasang-surut.

Selain itu, banjir rob ini semakin meningkat dengan kondisi curah hujan yang cukup signifikan dalam beberapa hari ke depan.

“Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah,” ujarnya.

Namun, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukaan pesisir, serta aktivitas tambak garam, dan perikanan darat.

Baca juga: Ancol Jadi Lokasi Sirkuit Formula E 2022, BMKG Imbau Waspadai Potensi Banjir Rob

Prakiraan cuaca di Pemalang

Mulai hari ini, 24 mei 2022, BMKG memprediksikan curah hujan masih berpeluang terjadi di daerah Pemalang, Jawa Tengah dalam beberapa hari ke depan.

Mulai pukul 16.00 WIB, cuaca di Pemalang diketahui 75 persen mengalami awan yang tebal. Kemudian pada pukul 19.00 WIB nanti akan terjadi hujan ringan sampai 80 persen.

Pada 25 Mei 2022, cuaca di wilayah Kabupaten Pemalang dari dini hari sampai siang akan berawan-berawan tebal, yang kemudian bisa terjadi hujan intensitas ringan sejak sore hari pukul 16.00 WIB.

Lalu, pada tanggal 26-30 Mei 2022 diprakirakan cuaca di Kabupaten Pemalang akan berawan, berawan tebal hingga hujan intensitas ringan.

Dengan prakiraan cuaca ini, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan meningkatkan antisipasi terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi.

Bencana hidrometeorologi yang berpeluang terjadi akibat cuaca ini yaitu banjir, banjir bandang, banjir pesisir atau rob, genangan, putih beliung, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Penyebab Banjir di Kota-kota Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com