Kompas.com - 23/12/2021, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Perhelatan Formula E 2022 resmi dilaksanakan di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022. Hal tersebut disampaikan Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni.

Akan tetapi, penetapan lokasi ini dibayangi ancaman banjir rob karena wilayah pesisir utara Jakarta kerap menjadi wilayah terdampak banjir.

Sehingga, potensi banjir rob terutama di kawasan Ancol menjadi perhatian Pemprov DKI saat Formula E berlangsung.

Baca juga: 23 Wilayah di Indonesia Waspada Potensi Banjir Rob 5 Hari ke Depan

Dikutip dari Kompas TV, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun memastikan bahwa Pemprov DKI akan melakukan langkah antisipasi terkait dengan potensi banjir rob di kawasan Ancol selama penyelenggaraan Formula E.

"Soal potensi ada banjir rob itu juga menjadi pertimbangan kami semua, mudah-mudahan pada pelaksanaannya tidak ada banjir dan ini juga menjadi perhatian kita untuk melakukan berbagai antisipasi," kata Riza, Rabu (22/12/2021).

Sementara itu, Sahroni mengatakan bahwa ancaman banjir rob biasanya terjadi di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Muara Baru, dan tidak mencapai kawasan Ancol.

"Kalau air pasang di waktu yang tidak tentu, kalau naik ya paling 5 senti, tidak nyampe ke sini (sirkuit) kok," ujar Sahroni. 

Kawasan Ancol dipilih karena merupakan tempat yang ikonik dan dinamis di DKI Jakarta. Penyelenggaraan Formula E di Ancol juga dinilai tidak akan mengganggu prasarana jalan bagi masyarakat.

BMKG waspadai potensi banjir rob pada bulan Juni

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo menjelaskan, berdasarkan kalender pasang surut tahun 2022, terdapat tanggal-tanggal yang harus diwaspadai terkait potensi banjir rob di Ancol. 

Dia menyebutkan, mulai tanggal 12 hingga 16 Juni 2022 perlu diwaspadai potensi rob di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Ancol.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.