Kompas.com - 23/05/2022, 19:32 WIB


KOMPAS.com- Mungkin Anda sering mendengar bahwa minum air bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, masih ragu dengan hal ini dan mencari bukti, benarkah minum air menurunkan berat badan?

Berat badan berlebihan adalah dampak dari pola makan yang tinggi lemak, tinggi kalori, stres, dan kurang bergerak.

Selain obesitas bisa berisiko meningkatkan berbagai penyakit serius pada banyak organ tubuh lain, orang dengan berat badan yang berlebihan juga kerap mendapatkan bully-an dari orang-orang yang juga dapat berdampak pada fisik psikis orang tersebut.

Untuk itu, orang dengan berat badan berlebihan sering kali disarankan untuk menurunkan berat badan agar dapat memiliki tubuh ideal, supaya mencegah berbagai penyakit serius dan membuat tubuh lebih proporsional.

Para ahli menekankan, menurunkan berat badan pada tubuh yang obesitas bukan berarti tidak mensyukuri nikmat yang dimiliki saat ini.

Justru disarankan supaya Anda bisa menikmati hidup dengan jangka harapan hidup yang lebih panjang lagi.

Baca juga: 6 Alasan Minum Air Putih Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Diyakini bahwa cara menurunkan berat badan adalah dengan minum air putih atau air segar bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan berlebihan.

Ini bermanfaat sekali terlebih bagi Anda yang sedang melaksanakan diet saat ini.

Bagaimana bisa minum air membantu menurunkan berat badan seseorang?

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, satu-satunya faktor terpenting adalah menjaga keseimbangan energi dengan menyelaraskan berapa banyak kalori yang Anda konsumsi versus berbapa banyak kalori yang Anda keluarkan.

Alasan utama mengapa air dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah karena benar-benar bebas kalori.

Dengan begitu, air bisa mengganti minuman manis, jus buah, dan minuman panas berkalori dengan air dapat sangat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari.

Mengonsumsi makanan atau minum air yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, maka akan dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang Anda makan. Saat asupan makanan yang dimakan juga bisa dikurangi atau dikendalikan, maka berat badan bisa stabil atau bahkan menurun.

Baca juga: Sahur Jangan Hanya Minum Air Putih, Perhatikan Asupan Air dari Makanan Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.