Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Air Minum Bantu Turunkan Berat Badan? Ini Buktinya

KOMPAS.com- Mungkin Anda sering mendengar bahwa minum air bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, masih ragu dengan hal ini dan mencari bukti, benarkah minum air menurunkan berat badan?

Berat badan berlebihan adalah dampak dari pola makan yang tinggi lemak, tinggi kalori, stres, dan kurang bergerak.

Selain obesitas bisa berisiko meningkatkan berbagai penyakit serius pada banyak organ tubuh lain, orang dengan berat badan yang berlebihan juga kerap mendapatkan bully-an dari orang-orang yang juga dapat berdampak pada fisik psikis orang tersebut.

Untuk itu, orang dengan berat badan berlebihan sering kali disarankan untuk menurunkan berat badan agar dapat memiliki tubuh ideal, supaya mencegah berbagai penyakit serius dan membuat tubuh lebih proporsional.

Para ahli menekankan, menurunkan berat badan pada tubuh yang obesitas bukan berarti tidak mensyukuri nikmat yang dimiliki saat ini.

Justru disarankan supaya Anda bisa menikmati hidup dengan jangka harapan hidup yang lebih panjang lagi.

Diyakini bahwa cara menurunkan berat badan adalah dengan minum air putih atau air segar bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan berlebihan.

Ini bermanfaat sekali terlebih bagi Anda yang sedang melaksanakan diet saat ini.

Bagaimana bisa minum air membantu menurunkan berat badan seseorang?

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, satu-satunya faktor terpenting adalah menjaga keseimbangan energi dengan menyelaraskan berapa banyak kalori yang Anda konsumsi versus berbapa banyak kalori yang Anda keluarkan.

Alasan utama mengapa air dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah karena benar-benar bebas kalori.

Dengan begitu, air bisa mengganti minuman manis, jus buah, dan minuman panas berkalori dengan air dapat sangat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari.

Mengonsumsi makanan atau minum air yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, maka akan dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang Anda makan. Saat asupan makanan yang dimakan juga bisa dikurangi atau dikendalikan, maka berat badan bisa stabil atau bahkan menurun.

Berdasarkan ulasan dari Proceedings of the Nutrition Society, minum air putih atau air segar bisa meningkatkan rasa kenyang itu tadi dan mengurangi rasa lapar, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Dalam sehari, rata-rata orang dewasa membutuhkan konsumsi air putih sekitar 8 gelas per hari. Namun, kebutuhan minum air putih ini bisa meningkat sesuai dengan berat badan orang tersebut.

Bukti studi minum air dan penurunan berat badan

Dikutip dari Live Science, Senin (23/5/2022), ada sebuah analisis dari studi 12 bulan pada 173 wanita yang diterbitkan dalam jurnal tentang sosial obesitas yakni Obesity telah menemukan hal yang menarik.

Wanita yang terlibat dari studi ini adalah mereka yang memiliki kelebihan berat badan, dan dilaporkan minum kurang dari 35 ons cairan atau sekitar 4 gelas air saja per hari.

Pada titik 2, 6, dan 12 bulan, semua diet subjek, aktivitas fisik, berat bada, presentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang dinilai.

Untuk diet, para peneliti menilai rata-rata asupan bebas kalori, makanan tanpa pemanis seperti jus buah 100 persen dan susu, minuman berkalori manis, dan asupan kalori makanan.

Para peneliti menemukan, terlepas dari semua faktor lain, peningkatan asupan air dapat membantu penurunan berat badan.

Selain itu, Hospital Nutrition melakukan tinjauan sistematis dan menyusun enam uji coba Randomized Controlled Trials tentang efek air pada penurunan berat badan.

Mereka menemukan bahwa subjek kehilangan antara 0,4 kg dan 8,8 kg dengan presentase penurunan berat badan rata-rata 5,15 persen.

Studi-studi ini menggunakan berbagai taktik minum air yakni dengan meningkatkan asupan air setiap hari, mengganti minuman berkalori dengan air, dan minum air sebelum makan.

Dengan hasil dari uji coba acak mengenai efektivitas asupan air dalam membantu penurunan berat badan ini, menjadi bukti yang kuat bahwa tubuh kita benar-benar membutuhkan air untuk dapat meningkatkan energi, mencegah dehidrasi, dan bonusnya mejaga tubuh tetap ideal bahkan menurunkan berat badan yang berlebihan (obesitas).

Manfaat-manfaat tersebut akan lebih cepat dan baik lagi didapatkan jika kita minum air dengan cukup, dan diimbangi dengan mengurangi konsumsi asupan kalori dan rutin berolahraga.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/23/193200623/benarkah-air-minum-bantu-turunkan-berat-badan-ini-buktinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke