Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Air Putih Hangat Lebih Sehat Ketimbang Air Dingin, Benarkah?

Kompas.com - 20/06/2021, 19:25 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Air sangat penting untuk kehidupan. Dan minum air putih, baik hangat, dingin, atau suhu kamar, jelas akan membuat Anda terhidrasi.

Tapi, apakah ada manfaat kesehatan dari minum air putih hangat? Dan apakah suhu air putih yang Anda minum benar-benar penting?

Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD, seorang ahli gizi terdaftar mengatakan, ada klaim bahwa minum air putih hangat memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu pencernaan dan menghilangkan sembelit.

Tetapi menurutnya, hanya ada sedikit penelitian ilmiah untuk mendukung manfaat kesehatan dari minum air hangat dibandingkan dengan suhu kamar atau air putih dingin.

Baca juga: Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

“Memang banyak yang merasa bahwa minum air panas di pagi hari membantu pencernaan dan dapat membantu buang air besar lancar,” kata Czerwony.

Tetapi, apakah benar itu karena suhu air, atau hanya fakta sederhana bahwa tetap terhidrasi membantu buang air besar secara teratur, karena membantu merilekskan usus Anda?

Czerwony menjelaskan, saluran gastrointestinal (GI) Anda adalah satu otot besar, sehingga mungkin air putih hangat membuat saluran GI Anda sedikit rileks, sehingga membantu mengatasi sembelit.

“Begitu juga jika Anda memiliki gejala pilek, minum air putih hangat dapat membantu mengatasi hal-hal seperti hidung tersumbat dari uap panas yang naik ke saluran hidung Anda. Sehingga, pernapasn terasa lega,” lanjutnya.

Di sisi lain, kata Czerwony, sebagian besar dari kita tidak minum cukup air dalam sehari, jadi bagaimanapun cara Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan harian yang direkomendasikan, maka lakukanlah.

Secara umum, kebutuhan air terbagi menjadi sekitar 15 cangkir per hari untuk pria, dan sekitar 11 cangkir per hari untuk wanita.

Sangat penting untuk selalu terhidrasi, dan setiap orang tampaknya punya cara berbeda. Beberapa orang lebih suka air suhu kamar, sementara orang lain tidak bisa minum air suhu kamar dan lebih suka air es.

Intinya adalah, jika Anda lebih suka minum air putih hangat dan itu membantu Anda tetap terhidrasi, maka minumlah.

Baca juga: 8 Manfaat Mengganti Minuman Bersoda dengan Air Putih

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com