Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2022, 04:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Puasa Ramadhan dijalankan dengan waktu yang cukup panjang, yakni tidak makan dan minum selama sehari penuh. Untuk dapat memulihkan energi, makan buah, baik saat sahur maupun berbuka, ternyata memberi manfaat yang besar bagi tubuh.

Umat muslim akan menjalankan puasa dengan tidak makan dan minum dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam.

Selama itu, maka tubuh akan mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karenanya, sangat penting memperhatikan asupan makanan dan minuman yang cukup, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Salah satu yang disarankan ahli gizi, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (29/4/2022), makan buah dinilai dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh selama seharian penuh berpuasa.

Ahli diet Rachana Bhagwat, mengatakan bahwa makan buah setelah berpuasa dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Pisang untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Manfaat makan buah, baik saat sahur maupun buka puasa, akan membantu tubuh kembali merasa segar dan berenergi untuk dapat menjalankan puasa di hari berikutnya.

Buah-buahan yang dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa seperti pepaya, semangka, plum, pir, dan berbagai jenis buah lainnya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Bhagwat menjelaskan, telah diamati pada orang yang berpuasa sehari penuh, yang kemudian berbuka puasa dengan makanan berkalori tinggi seperti gorengan.

Pengamatan tersebut menunjukkan bahwa sel-sel tubuh juga kelaparan, sehingga jika makanan berminyak dikonsumsi segera setelah puasa, maka sel-sel ini akan menyerap semua minyak dalam makanan seperti gorengan.

Sebab, kebanyakan makanan yang digoreng banyak mengandung lemak trans yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi profil lipid tubuh.

Oleh karenanya, makan buah saat sahur dan buka puasa akan memberikan manfaat sehat untuk tubuh, yakni membantu memulihkan energi agar siap menjalankan puasa Ramadhan esok harinya.

Baca juga: Manfaat Buah Tin, Buah Istimewa yang Disebut dalam Al Quran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com